home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penulis Drama Snowdrop Kembali Disorot, Dianggap Nodai Tokoh Bersejarah

Selasa, 21 Desember 2021 09:00 by muthiasp | 637 hits
Penulis Drama Snowdrop Kembali Disorot, Dianggap Nodai Tokoh Bersejarah
Image source: JTBC

DREAMERS.ID - Drama JTBC Snowdrop menghadapi reaksi yang sangat besar setelah resmi tayang pada akhir pekan kemarin. Dilansir dari laman The Qoo mengutip Koreaboo, penulis khususnya, Yoo Hyun Mi, dikritik karena inspirasinya yang tidak tepat untuk karakter utama.

Sebelumnya, Yoo Hyun Mi telah menghadapi kritik karena menyebut pemeran utama wanitanya Young Cho. Young Cho bukanlah nama wanita yang umum di Korea Selatan, bahkan di era Snowdrop didirikan. Namun, ada satu tokoh sejarah besar bernama Young Cho selama era Gerakan Demokratik di Korea Selatan.

Orang Korea Selatan tidak menerima hal ini, baik itu penulis lakukan secara kebetulan atau direncanakan. Ini karena Young Cho adalah orang yang nyata yang berjuang keras untuk gerakan demokrasi. Tidak hanya itu, suaminya juga merupakan peserta gerakan yang disiksa sampai mati dengan tuduhan palsu sebagai mata-mata.

Ironisnya di Snowdrop, pemeran utama pria adalah mata-mata yang sebenarnya dan bersembunyi dengan kedok sebagai mahasiswa yang mendukung gerakan demokrasi. Orang Korea Selatan berpikir bahwa itu kejam dan tidak bermoral. Akhirnya, nama pemeran utama wanita diubah menjadi Young Ro.

Namun, ketika dua episode pertama dirilis, warga Korea Selatan menyadari bahwa ada satu set karakter lagi yang terlalu aneh untuk disebut kebetulan. Pemirsa menarik hubungan antara musisi Korea Selatan dan komposer jenius, Yun Isang, dan ayah pemeran utama pria, Lim Su Ho (Jung Hae In).

Di episode 2 dijelaskan bahwa ayah Lim Su Ho adalah musisi terkenal di Berlin dan karenanya, Su Ho dijadwalkan untuk belajar di Berlin juga. Ayah Su Ho ditulis sebagai pemenang medali yang menghadapi penindasan dan tidak dapat kembali ke Korea. Lim Su Ho, yang tumbuh di Jerman, kembali ke Korea Selatan sendirian.

Dalam kehidupan nyata, Yun Isang memenangkan medali Goethe dan beberapa penghargaan musik lainnya lalu dilarang memasuki Korea Selatan. Dia tidak punya pilihan selain melakukan perjalanan bolak-balik antara Korea Utara dan Jerman sebagai gantinya.

Baca juga: Hampir Setahun, CEO Disney+ Korea Tanggapi Kontroversi Drama 'Snowdrop' di Forum Pemerintah

Meskipun dia telah menetap bersama keluarganya di Berlin, dia dituduh melakukan konspirasi dan diculik oleh agen rahasia Korea Selatan pada tahun 1967. Ini adalah periode waktu di mana banyak siswa Korea-Jerman juga dituduh sebagai mata-mata.

Yun Isang disiksa dan dipaksa untuk mengaku dan akhirnya dipenjara. Banyak artis menandatangani petisi di seluruh dunia untuk pembebasannya. Sejak 1973, ia berpartisipasi dalam seruan demokratisasi Korea Selatan.

Netizen menyebut kebetulan itu terlalu aneh dan menuduh penulis secara khusus menggunakan tokoh-tokoh kehidupan nyata yang disiksa secara palsu sebagai mata-mata untuk dramanya yang melibatkan mata-mata nyata yang menyamar sebagai pendukung partai demokrasi.

"Dia sangat licik sehingga aku merinding," tulis seorang netizen. Kemudian yg lain berkomentar, “Bukan hanya satu atau dua karakter yang bisa dia klaim sebagai kebetulan. Sampai kapan mencoba untuk menutupi langit dengan telapak tangannya? (mencoba menyembunyikan sesuatu dengan sia-sia).”

Orang Korea Selatan juga menemukan bahwa penulisnya sendiri kuliah di Universitas Wanita Ewha dan bekerja di Gwangju sebagai profesor. Ini mengecewakan banyak orang karena Ewha adalah tempat banyak protes mahasiswa untuk gerakan demokrasi terjadi dan juga merupakan satu-satunya universitas wanita di Korea Selatan saat itu.

Banyak orang Korea Selatan mengangkat persamaan antara Universitas Wanita Hosu dalam drama dan Ewha sebagai inspirasinya. Demikian pula, Gwangju adalah tempat salah satu pembantaian paling mengerikan terhadap pendukung gerakan demokrasi terjadi.

Hubungan Yoo Hyun Mi ke kedua tempat itu dikritik habis-habisan karena tidak mungkin dia tidak mengetahui kedalaman insiden yang terjadi. Sementara itu, belum ada tanggapan resmi apapun dari penulis Yoo Hyun Mi terkait hal ini.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Album terbaik SEVENTEEN '17 IS RIGHT HERE', yang terjual lebih dari 2 juta kopi, ditemukan terbengkalai dalam jumlah besar di jalanan Shibuya, Jepang....
  • HOT !
    Setelah mencuri perhatian di drama Reborn Rich, Tiffany Young SNSD akan kembali berakting melalui serial Disney+ Uncle Samsik yang akan ditayangkan mulai 15 Mei mendatang....
  • HOT !
    BIGHIT MUSIC telah merilis pernyataan resmi di platform Weverse pada 2 Mei untuk mengklarifikasi berbagai rumor yang melibatkan artisnya, BTS. Agensi juga dengan tegas mengambil langkah hukum untuk mengusut kasus ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)