home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pahami Bedanya Komedo dan Sebaceous Filament si Bintik Hitam yang Suka Terlihat Pada Hidung

Kamis, 24 Maret 2022 14:45 by Rie127 | 2372 hits
Pahami Bedanya Komedo dan Sebaceous Filament si Bintik Hitam yang Suka Terlihat Pada Hidung
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jerawat dan komedo menjadi salah satu masalah yang paling umum dan sering terjadi pada setiap orang. Banyak orang yang melakukan perawatan untuk menghilangkan jerawat dan komedo untuk penampilan yang maksimal.

Namun, pastinya kalian sering menemukan sejenis bintik hitam pada hidung dan menganggapnya sebagai komedo. Padahal, bisa saja itu adalah sel kulit lain bernama sebaceous filament, apa itu?

Dilansir dari channel YouTube Malaysia Glowwe, sebaceous filament biasanya punya tekstur yang lunak dan berbentuk panjang saat dikeluarkan dari kulit. Adanya sebaceous filament disebabkan oleh adanya produksi sebum dari kelenjar minyak.

Berbeda seperti komedo yang menyumbat pori, sebaceous filament tidak menyumbat pori-pori dan merupakan kondisi yang normal. Sebaceous filament juga berfungsi untuk menyebarkan minyak, dan juga berperan membuat kulit tetap lembut dan lembap.

Perbedaan lainnya adalah komedo biasanya punya tekstur yang lebih padat dan bersifat menyumbat pori sehingga harus disingkirkan. Sementara sebaceous filament memang akan selalu ada di permukaan kulit, jadi kalau dihilangkan akan kembali lagi setelahnya.

Sayangnya banyak yang menyangka sebaceous filament adalah komedo. Sehingga kerap dibersihkan dengan cara dipencet atau menggunakan pore strips, padahal tindakan ini dapat menimbulkan iritasi, bahkan menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.

Namun, jika memang ingin menghilangkannya, kalian dapat melakukan double cleansing, gunakan produk yang di dalamnya terdapat kandungan untuk mengontrol minyak, seperti salicylic acid, niacinamide, retinol, atau AHA & BHA. 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)