home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melihat Penggunaan Sample Musik Klasik di Lagu BLACKPINK 'Shut Down'

Rabu, 21 September 2022 12:30 by fzhchyn | 2604 hits
Melihat Penggunaan Sample Musik Klasik di Lagu BLACKPINK 'Shut Down'
Image source: Spotify

DREAMERS.ID - Tahun ini, banyak lagu K-pop yang mengambil sample dari karya klasik populer dan sukses menarik perhatian publik, termasuk lagu baru BLACKPINK ‘Shut Down’, yang menangkap keakraban di telinga pendengar dengan keanggunannya.

Menurut sumber yang dikutip dari Yonhap News pada 21 September, lagu utama dari album kedua BLACKPINK ‘Shut Down’ menggunakan sampel dari Konser Biola Paganini No. 2, ‘La Campanella’, berjudul ‘Devil's Violinist’.

BLACKPINK menambahkan beat hip-hop yang elegan ke melodi biola, serta suara husky atau menawan dari setiap member menumpuk untuk menciptakan rasa baru.

‘Shut Down’ telah diputar lebih dari 6,60 juta kali di Spotify, layanan streaming musik terbesar di dunia, dan menduduki puncak tangga lagu Daily Top Song Global. Sebelumnya, lagu tersebut telah di-streaming 1,03 juta kali di hari pertama perilisannya.

Jennie berkata dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, "'Shut Down' membawa kami ke tingkat karisma berikutnya, yang telah kami tunjukkan," dan menambahkan, "Keharmonisan antara musik klasik dan irama hip-hop yang trendi menyegarkan dan sangat membuat ketagihan."

Pakar musik menunjukkan bahwa melodi klasik, yang memiliki sejarah ratusan tahun, seperti "pedang bermata dua" saat diambil sebagai sample.

Baca juga: Jennie dan Rosé BLACKPINK Hangout di New York, Datang Berdua ke Met Gala?

Jung Min Jae, seorang kritikus musik pop, berkata, "Jika Anda menggunakan musik klasik, keuntungannya adalah Anda dapat terhubung dengan publik lebih cepat daripada lagu-lagu baru."

Tetapi dia menambahkan, "Jika lagu tersebut tidak memiliki orisinalitas dan pesona itu sendiri, itu dapat ditangkap secara berlebihan oleh melodi klasik. Inilah sebabnya mengapa ada lebih banyak sample dari musik populer daripada musik klasik."

Mengenai lagu BLACKPINK ‘Shut Down’, dia berkata, "Lagu tersebut mengulangi melodi 'La Campanella' di sepanjang lagu, yang begitu intens sehingga BLACKPINK tampaknya tertinggal.”

Lebih lanjut, dia mengatakan, "Secara khusus, karena ini adalah genre hip-hop yang berpusat pada beat dan rap bukannya melodi, sehingga ada rasa disonansi (ketidakcocokan bunyi) yang kuat."

Kalau menurutmu bagaimana Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Stray Kids kembali memasuki chart single utama Billboard Hot 100! Lagu baru mereka 'Lose My Breath (Feat. Charlie Puth)' menduduki peringkat ke 90 di chart tersebut....
  • HOT !
    Pada tanggal 20 Mei, B.I telah merilis single barunya Tasty bersama dengan video musiknya yang penuh semangat. Lagu tersebut menghadirkan genre hip hop tradisional yang kuat, menampilkan sikap percaya diri B.I....
  • HOT !
    AKMU telah mengumumkan jadwal comeback! Duo kakak beradik ini bersiap untuk merilis album ketiga dari serial ‘Episode’ mereka pada 3 Juni mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)