home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dispatch Beberkan Dugaan Penipuan dan Manipulasi Lee Soo Man Terhadap SM Entertainment

Jumat, 17 Februari 2023 11:30 by muthiasp | 1038 hits
Dispatch Beberkan Dugaan Penipuan dan Manipulasi Lee Soo Man Terhadap SM Entertainment
Image source: Dispatch

DREAMERS.ID - Dispatch telah merinci daftar panjang fakta dan pernyataan mengenai perselisihan yang sedang berlangsung antara Lee Soo Man, pendiri SM Entertainment dan Lee Sung Soo, keponakannya sekaligus co-CEO SM Entertainment.

Dugaan "Penipuan" Lee Soo Man Agar SM Tercatat di KOSDAQ

Dimulai pada tahun 1999, SM Entertainment memulai persiapan untuk IPO di KOSDAQ. Namun, pada saat itu, persyaratan perusahaan yang akan go public adalah memiliki modal lebih dari 1 miliar KRW. SM Entertainment tidak dapat memenuhi persyaratan ini karena hanya memiliki 50 juta KRW.

SM Entertainment harus menambah modal mereka. Lee Soo Man kemudian mengambil sekitar 900 juta KRW dari dana SM Entertainment, dan sekitar 250 juta KRW dari SM Enterprise untuk membayar saham baru, sehingga "menambah" modal yang dimiliki SM Entertainment dengan dananya sendiri dan meningkatkan kapitalisasinya menjadi 1,15 miliar KRW.

Dispatch menulis, "Dengan kata lain, itu adalah pembayaran terselubung. Lee Soo Man mengambil uang dari SM Entertainment dan mengembalikannya ke SM Entertainment. Kenaikan SM Entertainment berasal dari penggelapan Lee Soo Man."

Pejabat bursa saham berkomentar, "Peningkatan modal digunakan untuk menarik dana dari investor luar ke dalam perusahaan. Namun, dalam kasus pembayaran terselubung, sebenarnya tidak ada uang baru yang masuk ke perusahaan."

"Dia mengeluarkan uang dari perusahaan dan memasukkannya kembali, menghasilkan nol bersih. Ini adalah tindakan menipu investor seolah-olah perusahaan menarik investasi. Ini pada dasarnya penipuan."

Nilai Saham Lee Soo Man dan SM Entertainment

Sekitar Maret 2000, saham Lee Soo Man di SM Entertainment adalah 66,99%. Dia memiliki 1.607.800 saham. 4% dimiliki oleh ayahnya, 3,3% dimiliki oleh ibunya. Pada April 2000, SM Entertainment terdaftar di bursa efek KOSDAQ dengan harga penawaran umum 12,000 KRW.

Pada 9 Juni 2000, agensi ini mengadakan kapitalisasi pasar sebesar 180 miliar KRW. Nilai perusahaan meningkat lebih dari empat kali lipat. Jika dikurangi 1,15 miliar KRW yang ditarik Lee Soo Man, maka nilai kapitalisasi SM Entertainment diperkirakan tumbuh menjadi 90 miliar KRW.

Pada Juni 2000, Lee Soo Man memegang 53,59% saham SM Entertainment.

Buronan Interpol, Lee Soo Man Didakwa Atas Penipuan

Pada Januari 2003, Lee Soo Man masuk dalam daftar buronan Interpol. Dia kembali ke Korea secara sukarela pada Mei 2003 dan diinterogasi oleh jaksa. Dia dijatuhi hukuman percobaan tiga tahun dengan dua tahun penjara jika dia melanggar masa percobaan. Dispatch mengklaim memiliki dokumen keputusan pengadilan saat itu.

Keputusan Pengadilan menyatakan, "Lee Soo Man menggelapkan 1,15 miliar KRW dana perusahaan dan menggunakannya untuk membeli saham di perusahaan. Dia pura-pura membayar saham tanpa bukti benar-benar menggunakan modal tetapi dilaporkan seolah-olah total modal perusahaan meningkat."

"Karena sifat kejahatan yang serius, hukuman yang sesuai dengan beratnya kejahatan tidak dapat dihindari."

Menurut keterangan seorang anonim yang disebut "pelindung" Lee Soo Man, ia tidak bertindak sendirian, "Lee Soo Man bukan satu-satunya yang mengambil uang dari perusahaan. Dia tidak melakukan ini sendiri."

"Diputuskan pada pertemuan antara eksekutif perusahaan dan Lee Soo Man mengambil alih kekuasaan. Juga, dia membayar kembali jumlah itu segera."

Sementara seorang mantan eksekutif SM berkata, "Dia (LSM) menggunakan modal palsu untuk membayar saham agar perusahaan bisa go public. Tidak ada persetujuan dari dewan direksi karena tidak ada rapat dewan untuk membahas masalah ini."

"Catatan nomor rapat dibuat dengan tergesa-gesa di kantor pengacara. Semuanya dilakukan di bawah arahan Lee Soo Man. Saat penyelidikan dimulai, Lee Soo Man buru-buru mengembalikan sisa uangnya."

Keuntungan Lee Soo Man dari SM Entertainment

Dispatch menjabarkan bagaimana Lee Soo Man mengambil untung besar dari saham SM Entertainment. Pada tahun 2001, Lee Soo Man menjual sekitar 1 miliar KRW sahamnya. Pada tahun yang sama, ibunya juga menjual saham dengan jumlah yang kurang lebih sama.

Pada tahun 2005, ayah Lee Soo Man menjual semua sahamnya di SM Entertainment, senilai sekitar 5,4 miliar KRW. Kemudian Lee Soo Man juga menjual sebagian sahamnya dengan harga sekitar 10,5 miliar KRW. Setelahnya, Lee Soo Man masih memiliki 43,87% dari total saham SM Entertainment.

Lee Soo Man terus mendapatkan kekayaan dengan menjual sahamnya setiap kali nilai saham SM Entertainment mencapai puncaknya.

Segera setelah itu, SM Entertainment memulai peningkatan modal dengan mengalokasikan saham baru kepada pemegang sahamnya, yang berarti bahwa Lee Soo Man akan mendapatkan kembali saham sebanyak yang dia jual.

Dengan cara yang sama, Lee Soo Man kembali memperoleh 7,8 miliar KRW dengan menjual saham pada tahun 2010, kemudian memperoleh 17,7 miliar KRW pada tahun 2012.

Bagaimana Lee Soo Man meningkatkan kekayaannya?

Pada 9 April 2002, SM Entertainment bergabung dengan ForME, yang menjadi SM Enterprise. ForME dimiliki oleh Lee Soo Man dan merupakan perusahaan manajemen.

Penyanyi yang dikelola oleh SM Enterprise antara lain HOT, SES, Shinhwa, Fly to the Sky, BoA, dan banyak lagi. SM membayar 20% dari penjualan album ke SM Enterprise atas nama biaya jasa manajemen.

Uang yang dikirim ke SM Enterprise berjumlah 5,96 miliar KRW selama tiga tahun: 2,78 miliar KRW pada tahun 2000, 2,13 miliar KRW pada tahun 2001, dan 994 juta KRW pada tahun 2002.

Lee Soo Man kemudian menggabungkan SM Entertainment dan SM Enterprise pada tahun 2002. Pada saat itu, tidak ada lagi uang yang dikirim ke SM Enterprise.

Lee Soo Man menerima 870.000 saham baru setelah dia “memberikan” ForME ke SM Entertainment. Ini meningkatkan jumlah sahamnya menjadi 2,38 juta dan total sahamnya menjadi 54,8%. Pada 20 Juni 2005, Lee Soo Man menjual 312.382 saham dan melakukan peningkatan modal gratis 100% per saham pada tanggal 8 Juli.

Peningkatan modal bebas adalah pemegang saham akan menerima saham baru dari perusahaan yang sama berdasarkan rasio yang ditetapkan oleh perusahaan. Dengan demikian, jumlah saham yang dimiliki meningkat menjadi 4.386.866.

Tetapi pada 24 November 2005, Lee Soo Man menjual 800.000 lembar saham setelah jam perdagangan dengan total 10,6 miliar KRW. Dua bulan kemudian, SM Entertainment melakukan peningkatan modal disetor terkait alokasi pemegang saham.

Peningkatan modal disetor mengacu pada perusahaan yang mengumpulkan uang dengan menerbitkan saham kepada investor. Lee Soo Man dialokasikan 673.741 saham dengan nilai total 6,10 miliar KRW.

Dengan manuver ini, Lee Soo Man menjadi jenius, kata Dispatch. Dia menjual sahamnya seharga 13.300 KRW. Namun saham tersebut diperkenalkan kembali dengan harga 9.020 KRW. Pada 15 Desember 2010, Lee Soo Man menjual 500.000 saham lagi dan mendapatkan 7,80 miliar KRW.

Baca juga: Dispatch Bagikan Detail Timeline Hubungan Hyeri, Ryu Jun Yeol dan Han So Hee

SM Entertainment bagaikan sumber uang Lee Soo Man yang tidak pernah berakhir. Lee Soo Man menjual saham dengan harga tinggi dan kemudian akan menerbitkan saham baru, dan akan membeli kembali sahamnya dengan harga lebih murah.

Pada akhirnya, Lee Soo Man menyerahkan 14,5% sahamnya kepada HYBE seharga 423 miliar KRW.

Like Planning dan SM Entertainment

Pada tahun 1995, Lee Soo Man mendirikan SM Entertainment. Pada tahun 1997, Lee Soo Man mendirikan Like Planning dan SM Enterprise yang terafiliasi dengan SM Entertainment. Pada April 2000, Lee Soo Man merilis saham SM Entertainment ke publik.

Dalam pengenalan perusahaan disebutkan, "SM Enterprise adalah perusahaan manajemen untuk artis kami. SM Entertainment membayar 20% dari penjualan album artis kami ke SM Enterprise sebagai komisi."

"Like Planning bertanggung jawab atas konsultasi musik dan produksi artis SM. SM Entertainment membayar 15% dari penjualan album ke Like Planning sebagai komisi."

Like Planning menyediakan jasa produksi untuk SM Entertainment dengan Lee Soo Man terdaftar sebagai direktur, sekaligus produser eksekutif di mana ia menerima gaji dari SM Entertainment.

Pada tahun 2000, SM Entertainment membayar 2,10 miliar KRW untuk layanan Like Planning. Pada tahun yang sama, laba operasi SM Entertainment adalah 1,85 miliar KRW. Dengan kata lain, Like Planning untung besar.

Selama 22 tahun berikutnya, SM Entertainment membayar Like Planning untuk layanan mereka. Pada tahun 2015, biaya layanan diubah namanya menjadi biaya lisensi. Lee Soo Man diklaim menghasilkan 174 miliar dari Like Planning.

Bagaimana bisa Like Planning dibenarkan?

Menurut Lee Soo Man, Teknologi Budaya. Singkatnya, harganya adalah pengetahuan Lee Soo Man. Semua kekayaan intelektual SM Entertainment dibuat dengan teknologi budaya Lee Soo Man.

Ia mendefinisikan dirinya sebagai sumber dari semua artis SM Entertainment. Oleh karena itu, 6% dari total penjualan SM Entertainment diambil dengan kedok biaya lisensi.

Pada 28 Maret 2022 dalam wawancara dengan SamproTV, Lee Sung Soo mengakui itu dan menyebutkan jika rencana bisnis 10 tahun ke depan termasuk dunia virtual adalah dasar produksi SM Entertainment dengan Lee Soo Man, produser eksekutif, satu-satunya yang bisa melakukan ini.

Dispatch menyebut langkah itu sebagai kerusakan logika SM Entertainment.

Antara tahun 2002-2004, SM Entertainment mencatat defisit dalam keuangannya. Secara khusus, pada tahun 2004, bahkan laba operasi mereka berada di posisi merah minus 588 juta KRW. Namun pada tahun 2004, Like Planning menerima 1,87 miliar KRW sebagai biaya layanan.

Jika uang itu tidak dibayarkan ke Like Planning, SM justru akan mendapatkan keuntungan operasional sebesar 1,20 miliar KRW. Laba operasi SM kembali hijau pada tahun 2005. Pada bulan Maret 2005, harga saham melonjak dari sekitar 2.000 KRW per saham menjadi 17.000 KRW per saham. Tapi kemudian anjlok.

Pada tahun 2006, 2007, dan 2008, SM Entertainment sekali lagi berada di posisi merah untuk laba operasi, kehilangan uang secara keseluruhan. Secara khusus, tahun 2008 terlihat sangat tidak adil dari sudut pandang para pemegang saham.

Pada tahun 2008, defisit operasi SM adalah 1,69 miliar KRW, namun perusahaan juga membayar Like Planning 2,02 miliar KRW. Apabila SM tidak membayar jasa Lee Soo Man maka perusahaan akan mendapat untung 326 juta KRW pada tahun tersebut. Pada Oktober 2008, saham SM turun menjadi 833 KRW per saham. 

Lee Soo Man mendirikan perusahaan lagi di Hong Kong

Pada 2019, Lee Soo Man membentuk CT Planning Limited di Hong Kong. Dispatch mengklaim CT Planning Limited adalah logika dan kontra Lee Soo Man. Tempat di mana 6% penjualan dapat dikurangkan dari luar negeri dan secara logis, 6% penjualan dapat dibenarkan di Korea.

SM Entertainment meluncurkan SuperM secara global pada tahun 2019 bekerja sama dengan Capitol Music. Pada tahun 2022, aespa diperkenalkan ke pasar Amerika Serikat bersama Warner Records.

Lee Soo Man diketahui telah meminta 6% dari penjualan kepada kedua perusahaan dengan kedok biaya produksi. Menurut Lee Sung Soo, biaya lisensi 6% dari penjualan dikirim ke perusahaan luar negeri Lee Soo Man, CT Planning Limited. Ini adalah penghindaran pajak.

Jadi berapa banyak uang yang diambil Lee Soo Man dari SM Entertainment?

Sisa sahamnya, 868.948 saham, dihitung dengan harga penutupan 132.000 KRW per 16 Februari, dengan total 115 miliar KRW. Lee Soo Man mendapat 173 miliar KRW dari Like Planning dan 5,90 miliar KRW dari SM Enterprise.

Disimpulkan bahwa Lee Soo Man mengambil 744 miliar KRW dari SM Entertainment selama rentang waktu 23 tahun.

Apakah Lee Soo Man serakah atau ini manipulasi SM?

Lee Sung Soo mengatakan, "Biaya lisensi mengurangi margin keuntungan? Itu benar ketika menyangkut angka. Tapi bagaimana jika Anda berpikir seperti ini. Dia telah menjadi produser selama 30 tahun sejak 1995. HOT, Shinhwa, SES, TVXQ, f(x), dan baru-baru ini, aespa dan GOT the Beat, lebih dari 90% idenya telah berhasil."

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya di dunia ini. Apakah ada produsen seperti itu? Ya. Produser itu adalah Lee Soo Man. Dengan membayar 6% dari penjualan, margin keuntungan bisa berkurang. Tetapi perusahaan membuat potongan kue yang lebih besar. Kami dapat menerima pembayaran untuk itu," paparnya.

Pada tahun 2021, penjualan SM adalah 41,7 miliar KRW dan laba operasinya adalah 74,0 miliar KRW. Biaya lisensi yang dibayarkan kepada Lee Soo Man adalah 24,1 miliar KRW. Rasio laba operasi SM adalah sekitar 17% dari total penjualannya.

Jika 24,1 miliar KRW tidak dikeluarkan, rasio laba operasi akan naik secara signifikan, menjadi 23%.

Gaji Direktur SM Paling Besar Dibanding Agensi BIG 3 Lainnya

SM Entertainment membayar 6 miliar KRW kepada empat eksekutif terdaftar pada tahun 2022. Lee Sung Soo dan COO Tak Young Joon masing-masing menerima 1,80 miliar KRW.

Ironisnya, rasio laba operasi SM adalah yang terendah di antara agensi BIG 3 yakni SM, JYP, dan YG. Namun, gaji direktur perusahaan adalah yang tertinggi.

Dispatch menyebutkan jika Lee Soo Man tidak ditusuk dari belakang oleh keponakannya, Lee Sung Soo. Keserakahan Lee Soo Man memupuk kemarahan Lee Sung Soo.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    YG Entertainment telah menanggapi laporan tentang pertemuan CL dan Yang Hyun Suk baru baru ini. Pada 17 Mei, OSEN mengabarkan bahwa mereka mengadakan pertemuan mendadak yang sangat rahasia....
  • HOT !
    Segera setelah dirilis pada 16 Mei pukul 6 sore KST, single solo Mark NCT '200' menduduki puncak tangga lagu iTunes di berbagai negara di dunia....
  • HOT !
    Jo Bo Ah kemungkinan akan membintangi drama baru bersama Kim Soo Hyun! Pada 16 Mei, orang dalam industri melaporkan bahwa Jo Bo Ah akan membintangi drama baru ‘Knock Off’ (judul sementara)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)