home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Turunkan Berat Badan, Makan Rumput Laut

Sabtu, 03 Agustus 2013 09:00 by wahyu | 4680 hits
Ingin Turunkan Berat Badan, Makan Rumput Laut
detik.com

Studi terbaru melaporkan bahwa minuman supleman yang berbahan rumput laut setiap hari sebelum makan bisa membantu orang untuk menekan berat badan. Meski demikian, diet  tersebut hanya akan berhasil jika dapat mentoleransi rasa dari suplemen tersebut.

”Para peneliti telah meneliti potensi rumput laut sebagai penekan nafsu makan, tetapi belum ada yang dapat membuat suplemen ini memiliki rasa yang enak,” ungkap Dr Arne Astrup, seorang peneliti dari University of Copenhagen, seperti dilansir dari msn.

Sebelumnya suplemen ini sedikit berlendir dan berasa amis. Suplemen ini didasarkan pada alginate ekstrak rumput laut dan bahan umum dalam makanan seperti sup dan jeli. Bahkan bahan ini banyak digunakan industri yang mengeluarkan produk penurun berat badan.

Suplemen rumput laut tersebut dikemas dalam bentuk bubuk. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan bubuk suplemen dengan air kemudian diminum, alginat akan mengembang di perut membentuk gel tebal yang akan membuat tetap kenyang.

Baca juga: Benarkah Protein Bantu Turunkan Berat Badan?

Penelitian ini dibagi dalam dua kelompok. Satu kelompok diberi paket rumput laut yang mengandung 15 gram serat, sedangkan yang lainnya diberi minum placebo yang bebas rumput laut dengan jumlah kalori yang sama.

Pada akhir penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen rumput laut, rata-rata kehilangan 15 pon dibandingkan dengan kelompok plasebo yang kehilangan 11 pon berat badan. Tetapi ada sekitar 16 peserta studi yang menyerah untuk melanjutkan studi tersebut sampai akhir.

Ternyata penelitian ini juga mempengaruhi tekanan darah sistolik peserta penelitian yang turun rata-rata hampir enam poin pada kelompok plasebo selama 12 minggu masa studi. Sedangkan peserta yang mengonsumsi suplemen rumput laut, tekanan darah sistoliknya meningkat satu hingga dua poin.

Namun, lima orang yang mengonsumsi suplemen rumput laut meninggalkan studi karena memiliki masalah dengan perut kembung, mual dan diare karenanya. Sedangkan dua orang yang mengonsumsi plasebo juga meninggalkan studi karena memiliki masalah yang sama.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)