home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilmuwan RI Temukan Pemindai Otak 4 Dimensi

Selasa, 16 April 2013 17:15 by miko | 2469 hits
Ilmuwan RI Temukan Pemindai Otak 4 Dimensi
zoelradio.com

Kemampuan manusia Indonesia tak bisa dianggap remeh oleh negara maju. Saat ini saja, ilmuwan Indonesia, Warsito P Taruno, untuk pertama kalinya memamerkan temuannya, pemindai otak 4 dimensi yang diberi nama Brain Activity Scanner berbasis medan listrik statis.

Tak hanya itu, temuan yang telah dipatenkan lembaga paten dunia, WIPO/PTO pada tahun 2006 pada International Symposium on Biomedical Imaging yang diselenggarakan oleh IEEE di San Francisco, Amerika Serikat pada 7-11 April 2013 lalu.

IEEE merupakan organisasi ilmiah profesional internasional terbesar di dunai yang memilikilebih dari 425 ribu anggota di seluruh dunia. Ruang lingkup aktivitasnya mencakup pengembangan inovasi teknologi termaju di hampir seluruh bidang, membuat standarisasi teknologi, dan menggelar aktivitas profesional dan pendidikan.

“ECVT digunakan untuk mengukur sinyal-sinyal listrik yang dihasilkan dari aktivitas otak manusia dan merekonstruksi citra volumetrik-nya,” tutur Warsito P Taruno, dalam keterangan tertulis.

Teknologi pertama di dunia ini bisa melakukan pemindaian terhadap aktivitas otak manusia secara 4D dan real time. Dalam aplikasinya, bisa digunakan untuk studi terhadap otak manusia dan menangkap abnormalitas yang terjadi pada otak seperti epilepsi dan Alzheimer.

Sementara itu, pria kelahiran Solo 46 tahun yang lalu itu menjabat direktur eksekutif CTECH Labs Edwar Technology, sebuah lembaga riset swasta yang fokus pada pengembangan teknologi di bidang pemindaian untuk industri dan kedokteran, serta teknologi kesehatan untuk terapi dan diagnostik penyakit kanker.

CTECH Labs berkantor di komplek Business Technology Incubation Center (BTIC) di kawasan bisnis baru Alam Sutera, Tangerang Selatan, yang dikelola oleh Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI). Terinspirasi oleh Silicon Valley, Palo Alto, lembaga ini ditujukan mempromosikan hasil riset untuk aplikasi di industri dan mendorong munculnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi tinggi di Tanah Air.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)