home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Enam Hal yang Bisa Jadi Pemicu Serangan Jantung

Rabu, 01 Mei 2013 12:00 by citra09 | 4199 hits
Enam Hal yang Bisa Jadi Pemicu Serangan Jantung
health.com

Serangan jantung tak hanya dialami oleh seseorang di usia lanjut, namun bisa juga dialami oleh kita yang masih berusia muda dan remaja. Dikutip dari Medicinenet, serangan jantung atau yang juga dikenal dengan myocardial infraction adalah kematian otot jantung mendadak dari halangan yang tiba-tiba pada arteri koroner akibat adanya pembekuan darah. Yuk, kita intip apa saja hal-hal yang bisa memicu terjadinya serangan jantung:

Kadar kolesterol tinggi
Kadar kolesterol yang tinggi akan mempercepat terjadinya proses aterosklerosis yaitu penyumbatan pembuluh darah. Kadar kolesterol bagi orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 200 mg/dl. Makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi yaitu seafood, kuning telur, susu jenuh dan es krim.

Tekanan darah tinggi
Berdasarkan data WHO tekanan darah normal pada orang dewasa adalah 140/90 mmHg. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok bisa menyebabkan serangan jantung karena mempercepat terjadinya aterosklerosis karena adanya iritasi pada dinding pembuluh darah sehingga mempercepat kolesterol mengendap, mempermudah terjadinya pembekuan darah yang dapat menyumbat saluran pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol baik.

Kurang berolahraga
Olahraga yang teratur bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung, karena bisa memperlancar asupan oksigen dan darah ke seluruh tubuh.

Kebiasaan minum kopi berlebih
Kebiasaan minum kopi secara berlebih lebih dari 4 cangkir dalam sehari diduga bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Costa Rica adalah orang yang sering mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir dalam sehari memiliki risiko terkena penyakit jantung dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi atau hanya satu cangkir dalam sehari.

Kelelahan
kelelahan fisik dan mental bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti gangguan pencernaan, gangguan sistem jantung serta penurunan daya tahan tubuh. Kondisi tubuh yang lelah ditambah dengan konsumsi rokok terus menerus dan berbagai suplemen dan minuman yang mengandung ginseng dan kafein bisa memperburuk keadaan yang mengakibatkan seseorang terkena serangan jantung.

Baca juga: Kisah Pria Hidup Lagi Usai 45 Menit Meninggal Dunia

Yuk, mulai sekarang atur pola hidup kita demi menghindari terjadinya serangan jantung.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)