home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nepal Miliki Bandara Ter-ekstrim di Dunia

Rabu, 26 Juni 2013 13:19 by miko | 4867 hits
Nepal Miliki Bandara Ter-ekstrim di Dunia
2nomads1narrative.com

DREAMERSRADIO.COM - Bandara merupakan tempat pendaratan pesawat yang memerlukan tempat yang strategis dan aman. Meski demikian, karena keterbatasan lahan, ada beberapa bandara didunia memiliki lokasi ekstrim atau tidak biasa sehingga memacu adrenalin penerbang dan penumpang, salah satunya di Nepal.

Bandara di Lukla, Nepal ini bernama Tenzing-Hillary tersebut diakui dunia sebagai bandara yang paling berbahaya dan mengerikan oleh para pilot diseluruh dunia. Letaknya diantara pegunungan Himalaya dengan landasan pacu sangat pendek dan belokan tajam.

Parahnya lagi, landasan tersebut berujung ke tepi gunung yang ada jurang menganga di bawahnya dan tebing di sisi berlawanan untuk mendarat. Dikenal juga sebagai bandara Lukla, para pendaki Himalaya mengakui mendarat di sana lebih mengerikan daripada naik gunung itu sendiri.

Baca juga: Momen Mengerikan yang Dialami Idol K-Pop di Bandara, Pernah Terjadi di Indonesia

Lukla merupakan gerbang bagi para pendaki yang ingin menjelajahi Himalaya dengan berjalan kaki. Tak heran, bandara ini sangat sibuk dengan lalu lintas helikopter dan pesawat amatir setiap harinya. Lokasinya yang berada 10 ribu kaki dpl, bandara ini menambah kesulitan pendaratan dan penerbangan dengan lebar landasan 19 meter.

Pilot hanya mengandalkan penglihatan mata untuk navigasi yang cuacanya lebih sering berkabut tebal disertai angin kencang. Dengan gradien 12 persen, bandara ini juga menjadi salah satu yang memiliki landasan pacu paling curam di dunia.

Bandara Lukla dibangun oleh Sir Edmund Hillary pada 1965, yaitu 12 tahun setelah menaklukkan puncak Everest. Dengan adanya Lukla ini para pendaki cukup menghabiskan beberapa jam sampai di Kathmandu daripada naik bis dan jalan kaki selama 5 hari. Posisinya yang mengerikan juga telah menyebabkan sejumlah kecelakaan pesawat namun hal itu jarang terjadi.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)