home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bagaimana Cara Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa?

Selasa, 09 Juli 2013 15:57 by mayaindrn | 5614 hits
Bagaimana Cara Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa?
angrytrainerfitness.com

DREAMERSRADIO.COM - Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama lebih dari 10 jam. Asupan cairan hanya didapat saat sahur dan berbuka puasa. Karena minimnya asupan cairan kedalam tubuh kita, dapat menyebabkan dehidrasi. Apalagi bagi orang yang menjalankan aktivitas di luar ruangan saat cuaca panas.

Dehidrasi terjadi karena hilangnya cairan tubuh dalam tubuh, karena terpakai saat beraktivitas dalam jumlah yang besar. Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kekurangan cairan saat berpuasa :

Konsumsi Sup Saat Sahur
Sup adalah makanan yang sangat baik untuk bersantap sahur. Menu ini dapat membantu mencegah dehidrasi saat berpuasa. Hal ini karena sup umumnya mengandung banyak air. Mengkonsumsi sup hangat saat sahur dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu sayuran yang terkandung dalam sup juga mengandung mineral yang tinggi.

Tambahkan Sepotong Lemon dalam Minuman
Mengkomsumsi  2 liter air atau 8 gelas dalam sehari dapat membantu mencegah dehidrasi. Tapi saat sahur kita tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Maka untuk menyiasatinya dapat menambahkan lemon dalam minuman yang diminum. Selain itu lemon dapat menambah kesegaran minuman.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Kurangi Aktivitas Di Luar Ruangan
Bila tidak terlalu penting untuk pergi keluar ruangan apalagi saat cuaca terik, sebisa mungkin hindari aktivitas diluar ruangan. Aktivitas diluar ruangan dapat membuat tubuh banyak kehilangan cairan tubuh. Kehilangan cairan tubuh inilah yang menyebabkan utama dehidrasi. Saat berpuasa sebaiknya perhatikan waktu istirahat yang baik.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
Ahli gizi menyarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah saat berpuasa. Karena memperbanyak konsumsi dua makanan ini dapat membantu tubuh menyimpan banyak cairan dan mineral untuk mencegah dehidrasi. Pilihlah buag yang mengandung banyak air seperti semangka ataupun melon.

Konsumsi Buah dan Sayuran
Makanan yang Anda konsumsi juga berperan dalam mencegah dehidrasi di siang hari. Ahli gizi menyarankan banyaklah makan buah dan sayuran yang mengandung banyak air. Buah dan sayur juga dapat membuat tubuh kita lebih bugar saat berpuasa.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)