home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bagaimana Agar Perut Tak Berbunyi Saat Berpuasa?

Rabu, 10 Juli 2013 15:33 by mayaindrn | 12391 hits
Bagaimana Agar Perut Tak Berbunyi Saat Berpuasa?
telegraph.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Selama berpuasa perut akan mengalami kekosongan kurang lebih selama 14 jam. Perut kosong biasanya akan menimbulkan bunyi yang menandakan lapar. Selain karena lapar biasanya bunyi perut juga bisa dipicu oleh beberapa hal. Dikutip dari berbagai sumber inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan perut berbunyi saat berpuasa dan cara mengatasinya :

Seperti yang dilansir dari doktersehat,  setelah kurang lebih dua jam setelah makanan dalam perut selesai dicerna, perut kemudian menjadi kosong. Hasil perncenaan makanan akan menghasilkan hormon yang menstimulasi saraf untukmengirimkan pesan ke otak.

Setelah itu otak akan membalas dengan reaksi yang membuat otot memulai gerakan peristaltik. Hal yang terjadi adalah kontrasi ini membersihkan sisa makanan yang tertinggal saat proses perncernaan dalam perut. Kemudian akan terjadi vibrasi dari perut kosong yang akan membuat kita merasa kelaparan.

Pada dasarnya bunyi pada perut disebabkan oleh kombinasi dari gerakan yang disebutkan diatas serta komponen yang ada pada rongga usus. Seperti yang dituliskan dalam website dokterumum.net biasanya perut akan berbunyi setelah 8 jam setelah kita sahur. Itulah mengapa di siang hari saat berpuasa perut sering berbunyi.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Nah, untuk mencegahnya pada saat sahur sebaiknya menghindari makanan yang menghasilkan gas. Karena makanan ini akan memicu bunyi perut saat kosong. Hindari makanan seperti kol dan sawi karena dua makanan tersebut mengandung gas dan berpotensi memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Seperti halnya minuman bersoda yang mengandung banyak gas. Sebaiknya jangan meminum minuman bersoda saat sahur.

Selain itu makanan berlemak seperti coklat dan keju, mie instan dan ketan juga sebaiknya dihindari saat  bersantap sahur. Karena komposisi yang terkandung di makanan  tersebut sulit dicerna sehingga proses pencernaan lebih lama dan memicu timbulnya gas dalam saluran pencernaan. Struktur mie instan sendiri cepat mengembang dalam lambung sehingga dapat menghasilkan gas dalam saluran pencernaan di perut.

Dreamers, untuk menghindari perut berbunyi di siang hari saat berpuasa sebaiknya hindari bersantap sahur dengan makanan yang disebutkan diatas. Tips lainnya adalah makanlah dalam porsi sedikit-sedikit tapi banyak. Jangan langsung makan dalam jumlah besar agar dapat mengurangi gerak peristaltik pada perut. Karena bila perut berbunyi saat sedang beraktivitas bisa mengganggu.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)