home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag

Selasa, 17 Juni 2014 18:07 by mayaindrn | 7115 hits
Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag
femside.com

DREAMERSRADIO.COM - Berpuasa menyebabkan perut akan kosong disiang hari karena tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi. Sementara lambung terus bekerja walau tidak ada makanan yang masuk. Bagi penderita maag, terkadang khawatir akan perut nyeri akibat puasa. Tapi jangan khawatir asalkan berpuasa dengan pola yang sehat, penderita maag dapat menjalankan puasa dengan lancar.

Dilansir dari Tempo.co, penyakit maag bisa disebabkan karena terlalu lambung memproduksi zat asam secara berlebihan. Hal ini menyebabkan lambung mengalami iritasi karena meningkatnya asam lambung dan lambung kosong terus bekerja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan penderita maag saat menjalankan ibadah puasa.

Penderita maag sebaiknya tidak melewatkan santap sahur. Karena hal ini sangat penting. Sahur dapat mencegah kekosongan lambung sehingga tingkat keasaman lambung terjaga. Inilah hal yang menyebabkan maag bisa kambuh, karena tingginya asam lambung yang dapat menyebabkan perut perih. Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat lambung untuk membantu menetralisir produksi asam lambung berlebih.

Sebaiknya saat sahur dan berbuka menghindari makanan yang dapat membuat asam lambung meningkat seperti makanan asam dan pedas. Serta hindari makanan yang menggunakan bahan-bahan tambahan seperti lada, cabau, cuka ataupun asam. Selain itu, penting untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Karena hal ini dapat menyebabkan lambung terasa sakit ketika bangun bagi penderita maag.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Berolahraga juga baik untuk dilakukan. Jangan takut merasa lelah dan haus saat berolahraga. Karena berolahraga dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon katekolamin yang dapat mengurangi asam lambung. Dengan kata lain olahraga disaat berpuasa mencegah kambuhnya penyakit maag.

Dreamers, bagi kamu penderita maag jangan khawatir untuk menjalani ibadah puasa. Justru berpuasa dengan pola sehat bisa mengatasi masalah sakit maag loh!

(mya)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)