home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Resiko Gunakan Handphone Berlebihan Bagi Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2013 11:24 by mayaindrn | 12578 hits
Resiko Gunakan Handphone Berlebihan Bagi Kesehatan
sup3rjunior.com

DREAMERSRADIO.COM - Seiring dengan perkembangan teknologi, handphone kini menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Alat komunikasi ini selalu lekat, kapanpun dan dimanapun hingga tak rela bila benda satu ini tertinggal. Bahkan sampai waktu tidur dan bangun tidur, handphone menjadi benda pertama yang dilihat.

Dibalik semua fasilitas dan fitur yang tersedia, ternyata handphone dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Penggunaan handphone secara terus menerus hingga meletakkan handphone didekat tubuh saat tidur memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari boldsky.com, inilah bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan handphone yang berlebihan :

Meningkatkan Resiko Kanker
Menggunakan handphone secara terus menerus, hingga membawanya saat tidur ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, terutama tumor otak. Pada tahun 2011, The International Agency for Research on Cancer membuat klasifikasi bahwa medan elektromagnetik frekuensi radio yang dipancarkan oleh handphone mengandung zat karsinogenik atau zat yang dapat menyebabkan kanker.

Menyebabkan Carpal Tunnel Syndrome
Carpal tunnel syndrome adalah suatu kondisi dimana tangan merasa sakit dan ngilu akibat saraf di pergelangan tangan yang terjepit. Hal ini dapat disebabkan oleh jari-jari yang terus menerus mengetik pesan dan bersentuhan dengan keypad secara berlebihan.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Terserang Nomophobia
Nomophobia itu adalah salah satu jenis penyakit dimana timbul rasa takut, gelisah atau cemas pada seseorang saat berada jauh dari handphonenya. Sebuah studi yang dilakukan di kalangan mahasiswa M.G.M. Medical College, Indore menunjukkan nomophobia menjadi masalah yang muncul di era modern.

Menyebabkan Text Neck
Text neck adalah gejala yeri punggung dan bahu atau sakit kepala yang disebabkan oleh postur tegang tubuh saat melihat ke bawah pada layar handphone. Istilah ini diciptakan oleh Dr Dean Fishman, seorang chiropractor di Florida, AS. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak menunduk saat memainkan handphone. Ini adalah efek kesehatan paling umum akibat penggunaan handphone secara berlebihan.

Itulah beberapa efek buruk bagi kesehatan yang ditimbulkan akibat menggunakan handphone secara berlebihan. Selain meningkatkan resiko kecelakaan penggunaan handphone terus menerus juga sama berbahanya bagi kesehatan. Nah, Dreamers biasakan juga untuk tidur dengan tidak membawa handphone.

(mya)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)