home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Minum Air Putih Dalam Jumlah Cukup Saat Sahur

Rabu, 24 Juli 2013 14:18 by mayaindrn | 4352 hits
Pentingnya Minum Air Putih Dalam Jumlah Cukup Saat Sahur
q8rashaqa.com

DREAMERSRADIO.COM - Asupan makanan dan minuman saat sahur berperan penting bagi tubuh agar dapat menjalani puasa dengan lancar. Salah satu hal yang tak boleh ditinggalkan saat sahur adalah minum air putih. Walaupun tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam, konsumsi air putih dalam jumlah cukup setidaknya 8 gelas per hari adalah hal yang wajib. Saat berpuasa, tubuh tetap beraktivitas normal dan membutuhkan cairan tubuh untuk menghindari dehidrasi.

Seperti dikutip dari  health-kompas.com, ahli kesehatan menganjurkan untuk memperbanyak minum air putih saat sahur. Karena air putih punya manfaat yang lebih banyak daripada teh manis atau minuman bernergi lainnya. Minum air putih dalam jumlah cukup membuat tubuh memiliki cadangan cairan untuk menjalani aktivitas dan tidak lemas.

Air putih berguna untuk menyeimbangkan cairan tubuh. Karena komposisi tubuh manusia, lebih dari setengahnya adalah cairan. Air ini yang membantu fungsi penting dalam menjaga suhu tubuh, melindungi organ-organ vital, dan membantu melancarkan pencernaan. Maka penting untuk minum air putih dan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air agar saat berpuasa fungsi organ tubuh tetap bekerja secara normal.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience, minum air putih dalam jumlah cukup juga bermanfaat agar otak tetap fokus dan berfikir dengan cepat. Biasanya saat puasa tubuh lemas dan kurang fokus, sehingga fikiran mudah buyar. Hasil penelitian menyatakan bahwa seseorang yang minum air sebelum melakukan serangkaian tugas kognitif akan bereaksi lebih cepat daripada mereka yang tidak minum cepat.

Sebaiknya hindari minum kopi dan teh manis yang berlebihan saat sahur. Karena hal tersebut justru menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Teh manis juga dapat menyebabkan perut mudah merasa lapar disiang hari. Dreamers, jangan lupa ya untuk rajin minum air putih saat sahur maupun berbuka agar puasa tetap lancar.

(mya)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)