home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apa Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa?

Kamis, 25 Juli 2013 13:03 by mayaindrn | 20724 hits
Apa Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa?
migralex.com

DREAMERSRADIO.COM - Menjalani ibadah puasa membuat tubuh harus beradaptasi untuk menahan haus dan lapar selama 14 jam, dan bangun lebih pagi untuk menjalankan ibadah sahur. Biasanya proses adaptasi ini bagi orang-orang yang sensitif bisa menyebabkan terjadi sejumlah gejala. Salah satunya adalah pusing dan mual. Sakit kepala dan mual adalah gejala paling umum yang biasanya dirasakan beberapa orang saat berpuasa.

Seperti dikutip dari vemale.com hal ini bisa terjadi karena saat puasa secara mendadak tubuh akan mengalami penurunan kadar gula darah. Turunnya kadar glukosa dalam darah dapat menyebabkan gejala cemas, gemetar,  lemas, pusing, dan penghilatan kabur. Karena kurangnya kadar gula juga dapat menyebabkan pasokan oksigen ke otak. Sehingga fungsi otak terganggu dan menyebabkan sakit kepala.

Hal lain yang dapat memicu sakit kepala adalah dehidrasi. Tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 14 jam membuat tubuh terasa lemas dan pusing. Dehidrasi juga dapat terjadi karena saat sahur terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis, kurang minum air putih serta kurang mengkonsumsi buah-buahan. Padahal saat berpuasa tubuh tetap memerlukan cairan dan nutrisi untuk dapat berkativitas dengan lancar.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Untuk menghindari sakit gejala sakit kepala saat berpuasa, sebaiknya jangan pernah melupakan bersahur. Biarpun malas dan ngantuk sahur sangat penting. Menahan haus dan lapar selama lebih dari 16 jam berakibat buruk bagi kesehatan. Selain dapat menyebabkan sakit kepala, kebiasaan buruk tersebut juga dapat menimbulkan berbagai gejala penyakit lainnya. Hindari mengkonsumsi teh atau kopi yang mengandung kafein. Karena kafein adalah zat adiktif yang dapat memicu sakit kepala.

Saat sahur penting untuk minum air putih dalam jumlah cukup dan memilih makanan dan buah-buahan yang kaya akan mineral. Hal ini dapat menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tidak enak kan berpuasa tetapi sakit? Maka itu penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan segar selama berpuasa Dreamers!

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)