home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cek Kesehatan Organ Intim Lewat Keputihan!

Sabtu, 14 September 2013 15:00 by mayaindrn | 9832 hits
Cek Kesehatan Organ Intim Lewat Keputihan!
yeasteffects.com

DREAMERSRADIO.COM - Keputihan adalah hal yang wajar dan normal dialami oleh setiap wanita. Cairan yang dikeluarkan dari dalam organ reproduksi ini berguna untuk membawa sel-sel mati dan juga bakteri. Proses ini juga menjadi cara alami organ intim membersihkan dirinya sendiri dan membantu mencegah infeksi.

Seperti dikutip dari Women’s Health WebMD, keputihan normal biasanya berwarna putih bening hingga putih susu tergantung dari siklus menstruasi, dan juga tidak berbau. Keputihan yang normal juga tidak menyebabkan gatal ataupun cairan berlebihan.

Kesehatan tubuh dan organ intim juga bisa dilihat dari warna, bau, tekstur dan banyaknya cairan yang keluar saat keputihan. Keputihan yang berbau tak sedap, menyebabkan rasa gatal atau terbakar divagina serta berwarna adalah tanda-tanda keputihan yang tidak normal. Keputihan yang tidak normal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi jamur dan parasit, iritasi vagina, infeksi panggul hingga kanker serviks.

Inilah tanda-tanda keputihan yang tidak sehat serta penyebabnya :

Berdarah dan berwarna cokelat

Bila mengalami keputihan dengan warna putih susu hingga kecokelatan dan terdapat bercak darah serta kental ini merupakan salah satu tanda keputihan yang tidak normal, wajib untuk diwaspadai. Hal ini bisa terjadi karena pendarahan pada vagina, nyeri panggul ataupun tanda-tanda kanker serviks (mulut/leher rahim)

Berwana kekuningan dan berbau amis

Keputihan ini yang menyebabkan miss V menjadi gatal, perih dan berbau tak sedap banyak dikeluhkan oleh wanita. Keputihan yang tidak normal ini disebabkan oleh bakteri gonorea, klamida dan candida sebagai parasit yang menggerogoti flora baik di dalam orgam intim. Keputihan jenis ini juga bisa terjadi karena infeksi panggul.

Baca juga: Waspada! Kebiasaan Makan Ini Bisa Memperpendek Umur

Berwana kuning sampai kehijauan dengan bau tidak sedap

Mengalami keputihan berwarna kehijauan, mengeluarkan bau yang tidak sedap dan juga menimbulkan nyeri saat buang air kecil disebabkan oleh parasit trichomonas vaginasis. Bakteri ini mengganggu keseimbangan pH organ intim. Trichomonas juga merusak jaringan organ intim yang menyebabkan keputihan menjadi tidak normal, organ intim menjado gatal dan juga berbau anyir.

Putih keabu-abuan dan berbau amis

Bila mengalami keputihan berwarna putih keabu-abuan dengan bau amis disebabkan oleh bakteri vaginosis. Bakteri ini menyebabkan infeksi ringan pada organ intim yang membuat organ intim terasa panas terbakar.

Kental berwarna putih kekuningan seperti susu

Keputihan seperti ini disebabkan oleh disebabkan oleh infeksi jamur. Keputihan jenis ini biasanya disertai dengan pembengkakan di bagian vulva atau bibir organ intim dan menyebabkan gatal, bau tidak sedap dan juga nyeri.

Jadi Dreamers penting untuk menjaga kebersihan organ intim dengan benar. Dan bila kamu mengalami jenis keputihan seperti diatas sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli untuk menanganinya agar tidak bertambah parah. (mya)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)