home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Kenalan dengan Garda Satwa (Komunitas Penyelamat Hewan)

Sabtu, 16 November 2013 23:00 by Dits | 29554 hits
Yuk, Kenalan dengan Garda Satwa (Komunitas Penyelamat Hewan)
pinterest

DREAMERSRADIO.COM - Buat kamu pecinta hewan peliharaan khususnya kucing dan anjing, pasti ngga tega kan kalo lihat dua hewan ini terlantar dan terabaikan di jalanan. Apalagi jika hewan tersebut mendapat perlakuan buruk.

Melihat banyaknya kejadian buruk yang menimpa hewan terlantar di jalanan, membuat sekelompok pecinta hewan yaitu Anton Sri Hendarianto, Guntur Romli, Cyrill Raoul Hakim, Fanny Wiriaatmadja, Davina Veronica, Dhini Damayanti, dan Caesara Paramita mendirikan komunitas Garda Satwa.

Dilansir dari Young and Style, komunitas ini resmi terbentuk sejak 24 Juni 2010. Garda Satwa berfokus pada penyelamatan hewan domestik, khususnya anjing dan kucing. Mereka berpendapat bahwa untuk membantu hewan-hewan yang terlantar di jalanan ngga bisa dilakukan sendirian, harus ada sebuah wadah agar bisa mengkoordinasi proses menyelamatkan hewan.

Dilansir dari Ghiboo, "Kami merupakan komunitas penyelamat hewan yang terlantar. Banyaknya hewan terlantar dan mendapatkan perlakuan tidak pantas menggerakkan kami untuk menyelamatkan mereka," ucap Caesar Paramita Aprilia, sekretaris dari Garda Satwa pada acara Happy Pet Sunday di Kemang.

Para pendiri Garda Satwa juga berharap hewan domestik dapat menerima 5F, yaitu:

  1. Freedom from hunger and thirst atau bebas dari rasa lapar dan haus
  2. Freedom from discomfort atau bebas dari rasa tidak nyaman
  3. Freedom from pain, injury, and disease atau bebas dari luka, penyakit, dan sakit
  4. Freedom from fear and distress atau bebas dari rasa takut dan penderitaan
  5. Freedom to express normal behavior atau bebas mengekspresikan perilaku normal dan alami

Selain menyelamatkan hewan, Garda Satwa juga memiliki kegiatan yang sering dilakukan seperti streetfeeding stray animal (memberi makan hewan di jalan), bakti sosial (baksos) steril kucing jalanan, dan memberikan edukasi untuk anak-anak sekolah mengenai hewan.

Komunitas ini juga memberi jalan bagi siapapun yang ingin mengadopsi hewan yang telah diselamatkan, hewan-hewan tersebut pastinya sudah dalam kondisi layak dan steril.

Kini komunitas Garda Satwa sudah terbentuk di dua kota yaitu Jakarta dan Bandung. Jika ingin menjadi anggota Garda Satwa ngga perlu syarat khusus, yang penting cinta dan peduli dengan hewan.

Nah, untuk lebih kenal dengan komunitas ini, kamu bisa ikuti mereka di twitter @GardaSatwa atau datang ke kantor-nya di Jalan Cipaku 4/304, Petogogan, Jakarta.

Yuk, ikut bergabung Dreamers. :)

(dits)

Baca juga: Ternyata Ada Beberapa Manfaat Memelihara Hewan yang Telah Dibuktikan Riset!

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)