home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid

Rabu, 20 November 2013 18:22 by miko | 3666 hits
Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid
en.wikipedia.org

DREAMERSRADIO.COM - Perkembangan pariwisata di Turki yang kini banyak dibanjiri wisatawan asal Timur Tengah, maka pemerintah Turki mengubah sebagian ruangan di gereja kuno Hagia Sophia di Kota Trabzon difungsikan sebagai masjid.

Meski demikian, gereja Hagia Sophia yang dimaksud bukanlah gereja Hagia Sophia yang ada di Kota Istanbul yang tercatat masuk dalam daftar warisan dunia PBB. Memang banyak gereja kuno yang bernama Hagia Sophia yang terletak di Turki.

Sebelumnya, gereja ini digunakan sebagai museum. Walaupun mayoritas penduduk kota tersebut beragama Islam, Turki merupakan negara sekuler yang memisahkan kepentingan negara dengan agama secara jelas.

“Sebagian ruangannya masih dipergunakan untuk museum,” ungkap petugas di Hagia Sophia, Huseyin Buyuk, seperti dilansir Financial Times.

Baca juga: Jangan Ditiru, Ini Deretan Kesalahan Turis Saat Berwisata ke Roma

Dengan berubahnya fungsi menjadi masjid, maka turis dari Timur Tengah bisa sholat di tengah perjalanan wisata. Saat ini Turki menjadi tujuan utama turis Timur Tengah karena kedekatannya dengan budaya Islam,

Pada tahun 2009, Turki mencatat dikunjungi sekira 1,37 juta turis dari Negara Arab atau 14,6 persen dari keseluruhan jumlah turis tahun itu.

“Banyak negara Eropa yang memiliki pemandangan indah seperti Swiss. Turis Timur Tengah memilih Turki karena kedekatannya dengan dunia Islam. Mereka merasa nyaman berkunjung ke sini,” tutur seorang pengusaha pariwisata Turki, Murat Eyupoglu.

Namun, tidak semua warga menerima kebijakan pemerintah. Mereka takut penggunaan gereja kuno sebagai masjid akan menurunkan jumlah turis dari Barat.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)