home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Ingin Masa Tua Sakit-sakitan, Ikuti Gaya Hidup Ini!

Rabu, 11 Desember 2013 23:00 by miko | 3175 hits
Tak Ingin Masa Tua Sakit-sakitan, Ikuti Gaya Hidup Ini!
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Kesehatan masa tua sangat tergantung gaya hidup sehat pada waktu muda. Jika kamu tak ingin memiliki masa tua yang sakit-sakitan, maka sejak sekarang harus menerapkan pola hidup sehat. Salah satu penyakit pada masa tua adalah demensia atau berkurangnya ketajaman ingatan.

Semakin berusia seseorang maka, semakin lemah pula ingatannya. Gejala penurunan kemampuan otak dalam mengingat sering kita dengar sebagai pikun. Namun sebenarnya pikun tersebut merupakan salah satu gejala dari demensia.Demensia sendiri merupakan gangguan pada otak yang menyebabkan kerusakan progresif pada sistem syaraf.

Dilansir dari Dailymail, untuk menghindarinya maka olahraga secara rutin, tidak merokok, pola makan sehat, dan menjaga berat badan tetap normal menjadi beberapa cara ampuh. Namun olahraga merupakan faktor penentu yang paling kuat.

Menurut penelitian yang telah dilakukan selama 34 tahun oleh Universitas Cardiff, lima pola hidup sehat itu mampu mengurangi berbagai risiko penyakit degeneratif. Termasuk di dalamnya yakni Alzheimer, penyakit jantung, diabetes, dan demensia.

Hasil penelitian juga menyebutkan lima kiat tersebut dapat mengurangi risiko demensia sebesar 60%. Selain mengurangi risiko demensia, lima pola sehat itu juga dapat mengurangi kasus penyakit jantung, diabetes, dan struk hingga 70%. Hal tersebut diungkap dalam penelitian yang telah dilakukan selama 34 tahun.

Tim peneliti tersebut telah memantau 2345 pria sejak 1979. Mereka mencari hubungan antara penyakit-penyakit yang ada dengan olahraga rutin, makan buah dan sayur, menjaga berat badan, mengurangi minuman beralkohol, dan tidak merokok.

“Apa yang ditunjukkan oleh penelitian ini adalah, ternyata pola hidup sehat dapat menganugerahi manfaat besar bagi kesehatan. Pola hidup sehat lebih bermanfaat dibanding pengobatan medis atau upaya pencegahan," ujar Peter Elwood, kepala penelitian.

Sayangnya sedikit orang yang melakukan lima kiat sehat tersebut. Studi menunjukkan hanya 1% populasi penelitian yang melakukan seluruh kiat sehat. Ironisnya, jumlah mereka tidak bertambah selama 30 tahun. Begitu pula dengan jumlah orang yang mengerjakan empat dari lima kiat hidup sehat. Jumlah mereka hanya 5% saja dari populasi.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)