home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Obesitas Pengaruhi Fungsi Ginjal?

Selasa, 17 Desember 2013 20:39 by miko | 1352 hits
Benarkah Obesitas Pengaruhi Fungsi Ginjal?
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Menjaga berat badan merupakan hal yang harus dilakukan jika ingin hidup sehat. Selain menyangkut penampilan obesitas juga berpengaruh pada kesehatan. Penelitian terbaru, obesitas bukan hanya menyebabkan diabetes atau penyakit kardiovaskuler, tetapi juga berpengaruh pada fungsi ginjal.

Dilansir dari Paktribune, peneliti dari Amerika telah memperlihatkan bahwa penurunan fungsi ginjal juga terdeteksi lebih dahulu sebelumnya munculnya penyakit terkait obesitas. Penyakit yang selama ini dihubungkan dengan obesitas adalah diabetes dan tekanan darah tinggi.

Pada penelitian pada 2.891 perserta CARDIA (Coronary Artery Risk Development in Young Adults) dikategorikan menurut 4 faktor indeks massa tubuh (BMI). Empat faktor BMI tersebut adalah berat badan normal, kelebihan berat badan, obesitas, dan sangat gemuk.

Baca juga: Berbagai Penyakit yang Dipicu Konsumsi Gula Berlebih

Sementara itu, pada awal periode waktu penelitian pasien rata-rata berusia 35 tahun dan semua memiliki fungsi ginjal yang normal. Namun fungsi ginjal berkurang dari waktu ke waktu pada semua peserta, tetapi presentase lebih besar pada mereka yang mengalami obesitas.

“Ketika terkena diabetes, tekanan darah tinggi dan proses inflamasi, indeks massa tubuh masih menjadi predictor penurunan fungsi ginjal,” ungkap Vanessa Grubbs, MD, UCSF.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa ada sesuatu yang unik tentang kemungkinan risiko penurunan fungsi ginjal. Bahkan, risiko penurunan fungsi ginjal itu bisa ada sebelum timbulnya penyakit ginjal.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)