home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Riset Ini Ungkap Kerentanan Keamanan MacBook

Sabtu, 21 Desember 2013 23:00 by miko | 1495 hits
Riset Ini Ungkap Kerentanan Keamanan MacBook
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Perusahaan yang memproduksi perangkat  komputer dengan teknologi canggih ini tentu tak lepas dari banyaknya serangan dari dunia maya. Bahkan sebuah riset melaporkan kalau  mereka mengungkap kerentanan MacBook.

Kasus ini dialami oleh Cassidy Wolf ketika menerima email berisi foto dirinya sendiri dalam keadaan tanpa pakaian. Seorang perentas kabarnya telah mengendalikan kamera yang ada di laptop miliknya selama berbulan-bulan tanpa ketahuan.

Biasanya, kamera laptop memiliki lampu indicator yang akan akan menyala ketika webcam menjalankan aktivitas perekaman gambar. Hal ini tujuan untuk menjaga privasi pengguna perangkat tersebut agar tidak ada perentas iseng yang diam-diam mengambil fotonya.

Dilansir dari Washingtonpost, dalam kasus Wolf, wanita 19 tahun yang terpilih menjadi Miss Teen USA, lampu laptop tak pernah menyala. Setelah diselidiki ternyata pengambil-alihan kamera laptop tanpa memicu lampu indicator ini sama sekali bukan hal baru dikalangan para perentas.

Baca juga: Riset : Dengarkan Lagu Rihanna dan Taylor Swift Bisa Kurangi Rasa Sakit

Bahkan, salah satu sumber FBI mengungkapkan bahwa badan federal AS itu sudah melakukannya selama bertahun-tahun untuk keperluan investigasi. Untuk mengonfirmasi hal tersebut, riset pun dilakukan John Hopkins University yang menunjuakn kamera laptip bisa digunakan perentas untuk merekam gambar tanpa diketahui pengguna.

Dalam riset, peneliti menggunakan software bernama Remote Administration Tool (RAT) untuk memprogram ulang micro-controller kamera iSight di komputer Mac sehingga lampu tak menyala ketika kamera merekam gambar atau video.

Riset tersebut berfokus pada laptop MacBook dan komputer iMac dari Apple yang dirilis sebelum 2008, tapi para peneliti mengatakan bahwa metode serupa bisa digunakan di komputer lain yang lebih baru atau berasal dari brand berbeda.

Sebelumnya, kasus perekaman diam-diam dengan webcam sudah pernah terjadi. Tapi kejadian yang menimpa Wolf merupakan kali pertama hal tersebut dilakukan tanpa menyalakan lampu indikator kamera.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)