home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Alkohol Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

Rabu, 15 Januari 2014 17:03 by miko | 1347 hits
Benarkah Alkohol Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?
businessinsider.com

DREAMERSRADIO.COM - Meski alkohol banyak disalah-gunakan oleh sebagian orang. Namun keberadaan alkohol sangat membantu dalam dunia medis. Karena alkohol mampu menangkal kuman dan dijadikan pembersih tangan. Namun benarkah alkohol mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Segelas anggur dipercaya mampu memberikan efek positif bagi tubuh. Hal tersebut ternyata diamini oleh sebuah studi hewan terbaru yang terdapat dalam journal Vaccine yang mengatakan kalau minum alkohol yang dimoderasi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Memang, penelitian ini dilakukan pada monyet rhesus, tetapi temuan ini berlaku juga untuk manusia karena mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama,” ungkap penulis studi tersebut.

Dilansir dari Foxnews, peneliti tersebut mengamati sekitar 12 monyet jenis rhesus yang dilatih untuk minum alkohol. Kemudian mereka memberi semua monyet vaksinasi cacar dan membagi mereka menjadi dua kelompok.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Minuman Alkohol Populer dari Korea Selatan

Satu kelompok yang memiliki akses ke minuman alkohol dan kelompok lain yang memiliki akses ke air gula. Sama seperti manusia, monyet yang minum alkohol berlebihan juga mengalami mabuk. Kemudian  monyet tersebut diberi vaksinasi kedua tujuh bulan sesudahnya dan diobservasi selama tujuh bulan.

Ketika mereka pertama kali divaksinasi, semua monyet menunjukkan respon yang mirip dengan vaksin. Tapi reaksi mereka terhadap vaksinasi kedua berbeda. Para peminum berat (dengan konsentrasi alkohol darah rata-rata lebih dari 0,08 persen) sudah berkurang reaksi vaksinnya dibandingkan dengan monyet yang tak minum sama sekali.

Namun pada pada peminum alkohol yang dimoderat (dengan konsentrasi alkohol dalam darah rata-rata 0,02-0,04 persen) memiliki peningkatan reaksi vaksin dibandingkan dengan kelompok terkontrol. Rupanya, beberapa minuman alkohol mungkin sudah membantu sistem kekebalan tubuh mereka.

 Meski demikian, sementara ini peneliti tak menyarankan seseorang untuk mengonsumsi alkohol untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peneliti hanya menekankan segelas anggur beberapa kali dalam seminggu mampu meningkatkan kesehatan.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)