home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Cek Berbagai Manfaat Kesehatan Jahe!

Kamis, 06 November 2014 17:00 by fzhchyn | 4775 hits
Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Cek Berbagai Manfaat Kesehatan Jahe!
motherearthliving.com

DREAMERSRADIO.COM - Jahe sudah digunakan sebagai obat, bumbu dapur, dan bahan produksi lainnya selama brabad-abad. Ini adalah tanaman yang sangat berguna yang dapat digunakan dalam berbagai bentuk bubuk, dikeringkan, masih segar, dan minyak atau jus.

Jahe juga merupakan sumber vitamin A, C, E, dan B, serta magnesium, kalium, fosfor, silikon, zat besi, natrium, kalsium, seng, dan beta karoten. Jadi tidak heran bahwa jahe menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Simak beberapa manfaat kesehatan dari jahe menurut womanitely.com berikut yuk, Dreamers!

Mengurangi gangguan pencernaan

Jahe diyakini sebagai salah satu obat yang paling efisien untuk masalah perut. Jahe juga merupakan obat yang baik untuk perut yang kembung. Untuk menambah nafsu makan, mengkonsumsi jahe juga dianjurkan karena dapat meningkatkan asimilasi dan penyerapan nutrisi dalam darah.

Menyembuhkan penyakit

Jika rentan mabuk kendaraan terutama mabuk laut, jahe adalah obat yang sangat aman dan lebih efektif dibandingkan obat komersial biasa. Sedikit bubuk jahe dapat meringankan dan menghapus semua gejala penyakit seperti muntah, pusing, keringat dingin, dan mual. Bagi ibu hamil, jahe dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi jika dikonsumsi pada awal kehamilan.

Mengurangi peradangan dan nyeri

Jahe secara luas dikenal karena sifat anti peradangannya. Studi menunjukkan bahwa zat aktif dalam jahe efektif sebagai analgesik. Saat menderita kram parah karena menstruasi, jahe dapat digunakan sebagai obat, sama halnya untuk meringankan sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung dan sendi. Minum teh dengan sepotong kecil jahe adalah cara yang mudah untuk meringankan sakit kepala dan susah tidur.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Mencegah kanker

Jahe diperkaya dengan antioksidan yang kuat yang membantu mencegah kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker kolorektal dan dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Jahe juga membantu mencegah jenis kanker lain seperti kanker payudara, paru-paru, kulit, pankreas, dan kanker prostat. Cara paling mudah adalah dengan menambahkan sedikit jahe pada smoothie atau teh di pagi hari.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi jahe secara rutin dapat menjaga tubuh terhadap serangan dingin dan flu. Tanaman ini kaya akan seng, kromium dan magnesium yang merangsang sirkulasi darah dan mengurangi dingin, keringat berlebihan dan demam. Lemon adalah salah satu bahan yang cocok disandingkan dengan jahe untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Minum teh lemon jahe setiap hari akan membantu tubuh tetap sehat.

Memberi bumbu pada hidangan

Rasa jahe yang kaya menjadikan salah satu bumbu dapur ini tak tergantikan. Rasanya yang manis dan tajam memberikan rasa dan aroma yang khas pada setiap hidangan dan minuman. Jahe termasuk rempah-rempah serbaguna yang dapat dimasukkan ke semua jenis makanan, seperti hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, sampai minuman. Terlepas dari masakan tradisional Asia, jahe biasanya digunakan sebagai bahan biasa dalam membuat kue.

Membantu menurunkan berat badan

Menambahkan jahe ke dalam menu diet dapat dengan mudah mengurangi konsumsi makan dan menghilangkan beberapa kilogram berat badan. Jahe dapat meningkatkan rasa kenyang, yang berarti membuat tubuh membutuhkan kalori lebih sedikit untuk merasa kenyang.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)