home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dari Chart Musik Hingga Ajang Penghargaan, YG Entertainment Sukses Rajai Panggung Musik 2014?

Selasa, 09 Desember 2014 16:16 by citra09 | 4429 hits
Dari Chart Musik Hingga Ajang Penghargaan, YG Entertainment Sukses Rajai Panggung Musik 2014?
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - “Tahun 2014 akan menjadi tahun yang sibuk bagi YG Entertainment.” Itulah yang diucapkan oleh CEO sekaligus bos besar YG Entertainment, Yang Hyun Suk di penghujung tahun 2013 lalu dan di awal tahun 2014.

Seperti yang kita ketahui, di tahun 2014 ini, beberapa artis YG Entertainment sukses menggebrak panggung musik lewat comeback dengan musik terbarunya, yang disertai dengan debut memukau dari para rookie alias pendatang baru.

2NE1 menjadi pembuka comeback para artis YG Entertainment di tahun 2014 lewat album bertajuk ‘Crush’ yang dirilis pada Februari 2014. Bersamaan dengan promosi albumnya tersebut, 2NE1 juga disibukkan dengan promosi secara global lewat gelaran konser tur dunianya yang bertajuk ‘All Or Nothing’ di berbagai negara. Kini salah satu member 2NE1, CL juga tengah sibuk mempersiapkan debutnya di pasar musik Amerika yang dijadwalkan pada musim semi 2015 mendatang.


Image source: Koreaboo

Di bulan April 2014, pemenang ajang ‘K-Pop Star 2’, duo Akdong Musician pun sukses membawa warna musik baru bagi YG Entertainment lewat debutnya dengan album berjudul ‘Play’. Berbagai lagu bertema cheerful dan ceria dalam album tersebut sukses membawa Akdong Musician debut di peringkat 10 besar berbagai chart musik.

Bulan Juni juga diisi oleh comeback artis YG lainnya, yaitu Psy yang merilis lagu ‘Hangover’ featuring Snoop Dogg yang sukses merajai chart K-Pop di YouTube, disusul dengan perilisan album solo member Big Bang, Taeyang yang bertajuk ‘Rise’. Tak hanya meraih predikat ‘All-kill’, album Taeyang bahkan berhasil menduduki peringkat pertama di chart musik 10 negara.


Image source: Mnet/Dispatch

Tak hanya Akdong Musician, YG Entertainment kembali sukses mencuri perhatian lewat debut boy group terbarunya, WINNER di bulan Agustus lalu lewat full album perdananya bertajuk ‘2014 S/S’. Setelah tertunda sekitar 9 bulan, penantian fans akhirnya terbayar lewat kesuksesan WINNER merajai berbagai chart dan bahkan meraih trofi kemenangan di program musik untuk pertama kalinya, meski statusnya masih sebagai rookie.


Image: Official YG Entertainment

Saat itu, WINNER berhasil mengalahkan CNBLUE sebagai grup rookie yang berhasil meraih trofi penghargaan tercepat setelah debutnya. Hanya berselang satu bulan dari debut WINNER, trio hip hop asuhan YG, Epik High pun comeback setelah dua tahun lewat album full albumnya yang bertajuk ‘Shoebox’.

Kualitas musik terbaik Epik High pun sangat bisa dirasakan lewat album yang diramaikan oleh kolaborasi berbagai musisi ternama Korea Selatan, salah satunya dalam lagu ‘Born Hater’, di mana para musisi hip hop, seperti Beenzino, Verbal Jint, Mino WINNER, Bobby, dan B.I iKON terlibat di dalamnya.

Menyusul kesuksesan artis YG lainnya di 2014, Epik High pun ikut berhasil merajai berbagai chart musik dan meraih trofi kemenangan di program musik. Dalam program ‘M Countdown’, Epik High juga berhasil meraih triple crown berkat peraihan trofi selama tiga minggu berturut-turut.


Image source: Official YG Entertainment

Tak perlu menunggu waktu lama, di bulan November, YG Entertainment mulai meluncurkan berbagai proyek, dimulai dari proyek unit bernama Hi Suhyun, yang terdiri dari solois Lee Hi dan member Akdong Musician, Lee Soohyun membawakan lagu berjudul ‘I’m Different’ featuring Bobby iKON. Lewat lagu soul R&B tersebut, Hi dan Soohyun mampu menciptakan sebuah harmonisasi yang sangat baik, yang ditemani dengan aksi nge-rap husky voice Bobby iKON.

Baca juga: Yang Hyun Suk Tambah Nilai Saham, YG Berencana Debutkan Satu Grup Lagi

Di akhir November dan awal Desember, YG Entertainment telah mempersiapkan dua proyek hip hop, yang terdiri dari G-Dragon dan Taeyang sebagai proyek hip hop pertama dan Masta Wu featuring Dok2 dan Bobby iKON sebagai proyek keduanya.

Lewat lagu ‘Good Boy’, G-Dragon dan Taeyang yang membentuk duo GD X Taeyang seakan menjadi bukti lain kesuksesan YG Entertainment di tahun 2014 ini. Keduanya berhasil meraih predikat all-kill di berbagai chart real-time dan berhasil meraup 3 juta viewers hanya dalam kurun waktu kurang dari dua hari!


Image source: Official YG Entertainment

 Segala kesuksesan para artis YG Entertainment di tahun 2014 ini juga dibuktikan lewat berbagai peraihan di ajang penghargaan akhir tahun. Bayangkan saja, di ‘MelOn Music Awards 2014’ saja, para artis YG berhasil mendominasi beberapa kategori. Taeyang, Akdong Musician, WINNER, dan 2NE1 berhasil masuk dalam kategori Top 10.


Image source: Tumblr.com

WINNER berhasil meraih trofi ‘Best New Artist’, sementara Akdong Musician sukses memboyong trofi untuk kategori ‘Folk Award’. Meski tidak hadir secara langsung, namun 2NE1 berhasil meraih ‘Best Electronic Music’ lewat lagu ‘Come Back Home’. Dan Taeyang berhasil memenangkan penghargaan tertinggi, yaitu ‘Song of the Year’ lewat lagu ‘Eyes, Nose, Lips’.

Tak hanya ‘MelOn Music Awards’, para artis YG Entertainment kembali berhasil mendominasi festival dan ajang penghargaan musik terbesar di Asia, ‘Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2014’. WINNER kembali berhasil membawa pulang piala ‘Best New Artist’, Epik High sebagai ‘Best Rap Performance’, dan lagi-lagi Taeyang berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi, yaitu ‘Song of the Year’ serta dari kategori lainnya, seperti ‘Best Male Artist’ dan ‘Best Vocal Performance Male’.


Image source: Twitter

Di tengah kesibukannya mempromosikan debut dan comeback para artisnya, YG Entertainment juga sibuk mempersiapkan debut boy group terbarunya, iKON dengan meluncurkan sebuah program survival bertajuk ‘Mix & Match’.

Lewat penayangan kompetisi ketat para trainee, tujuh member iKON pun akhirnya terbentuk di awal November. Mereka adalah B.I, Bobby, Jinhwan, Yunhyung, Donghyun, Junhee, dan Chanwoo. iKON direncanakan akan debut pada awal 2015 mendatang.

Gimana menurutmu, Dreamers? Apakah kesuksesan YG Entertainment di tahun 2014 ini akan berlanjut hingga 2015?

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)