home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

The Grand Canal, Saluran Air Buatan Terpanjang di Dunia!

Jumat, 19 Desember 2014 13:07 by adel_deladele | 2693 hits
The Grand Canal, Saluran Air Buatan Terpanjang di Dunia!
Image source: amusingplan

DREAMERSRADIO.COM - Tahukah kamu kalau kanal atau saluran air tidak melulu sempit dan tidak enak dipandang? Pasalnya, sebuah kanal air di Tiongkok kini menjadi salah satu objek destinasi wisata yang marak dikunjungi wisatawan lho.

The Grand Canal merupakan rangkaian saluran air yang terletak di bagian timur dan utara Tiongkok. Kanal ini mengalir tepatnya dari Beijing dan berakhir di salah satu kota di Hangzhou, provinsi Zheijiang, menghubungkan Sungai Yellow dan Sungai Yangtze. The Grand Canal membentang sepanjang 1.800 km dan dikenal sebagai saluran air buatan terpanjang di dunia.


Image source: amusingplanet.com

Kanal air ini dibangun untuk memudahkan transportasi yang digunakan oleh angkutan pembawa hasil panen, yakni gandum. Sejak saat itulah kanal ini memiliki peranan penting dalam perdagangan dan pertukaran budaya antara utara dan selatan wilayah timur Tiongkok.

Awalnya kanal tersebut dibangun pada abad ke-5 SM. Seorang pemimpin Tiongkok, Kaisar Yang membutuhkan cara untuk memindahkan beras dari daerah subur di Yangtze untuk memberi makan warga kotanya dan tentaranya yang tengah berjuang.

Baca juga: Perusahaan Ini Tawarkan Sensasi 'Liburan Dalam Mimpi'

Selain menjadi saluran air terpanjang di dunia, dalam pembangunannya, kanal tersebut juga turut melibatkan beberapa insinyur ternama. Pada 587, tepatnya zaman Dinasti Sui melibatkan seorang insinyur bernama Liang Rui, kemudian pada 984 pembangunan kanal dilanjutkan oleh seorang ahli transportasi bernama Qiao Weiyo.

Kini, walau hanya sepanjang Hangzou dan Jining yang dapat dilalui The Grand Canal tetap ramai dikunjungi. Wah, tertarik mengunjungi kanal air terpanjang ini Dreamers?^^

(Adl)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)