home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Membaca E-book Ternyata Bahayakan Kesehatan!

Kamis, 25 Desember 2014 23:00 by fzhchyn | 3481 hits
Wah, Membaca E-book Ternyata Bahayakan Kesehatan!
metro.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua barang sudah tergeser oleh perkembangan teknologi, salah satunya adalah buku. Saat ini orang sudah tidak erlu membawa buku yang tebal dan berat berkat kehadiran Electronic Book atau E-book.

Dibalik sifatnya yang praktis, e-book juga rupanya memiliki sisi negatif terhadap kesehatan. Para dokter di Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa membaca E-book di malam hari dapat merusah kesehatan, dikutip metro.co.uk.

Dua belas orang menghabiskan dua minggu di laboratorium dan membagi waktu mereka untuk membaca dari buku dan iPad. Sebuah tim dari Harvard Medical School melakukan penelitian dan mengambil sampel darah rutin dari para peserta.

Dari percobaan tersebut mereka menemukan bahwa produksi hormon tidur melatonin berkurang karena membaca E-book.. Namun merasa lelah di hari berikutnya bukan lah satu-satunyaefek dari paparan cahaya biru di malam hari.

Baca juga: Waspadai Efek Buruk Terlalu Lama Membaca Melalui Gadget

Pemimpin penelitian Profesor Charles Czeisler mengatakan, “Sebagian besar cahaya yang terpancar ke pembaca e-book langsung ke mata, sedangkan dari buku, pembaca hanya terkena cahaya yang dipantulkan oleh halaman buku.”

“Kekurangan tidur telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit metabolis seperti obesitas, diabetes, dan juga kanker. Dengan demikian, penekanan melatonin yang kami lihat dalam penelitian ini pada peserta pada paparan cahaya saat mereka membaca menjadi perhatian kami,” paparnya.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)