home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mana Diantara Metode Pengering Tangan Ini yang Paling Banyak Sebarkan Bakteri?

Rabu, 07 Januari 2015 14:45 by fzhchyn | 2338 hits
Mana Diantara Metode Pengering Tangan Ini yang Paling Banyak Sebarkan Bakteri?
thenortherner.com

DREAMERSRADIO.COM - Mesin pengering tangan atau hand dryer yang biasa terdapat di tempat makan atau toilet umum, ternyata dapat menyebarkan bakteri. Orang biasanya berpikir bahwa kamar mandi adalah tempat yang aman apalagi jika toilet umum terlihat bersih dan terjaga.

Namun seperti yang dilansir dari lifehack.com, sebuah studi baru saja keluar dengan penemuan-penemuan yang berkaitan dengan metode paling aman dalam mengeringkan tangan untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri. Apakah itu menggunakan handuk kertas, pengering udara hangat, atau pengering jet.

Berdasarkan studi di Journal of Hospital Infection, para peneliti di University of Leeds melakukan uji coba dengan mencelupkan tangan para relawan survei ke dalam cat. Setelah beberapa saat, para peneliti meminta para relawan untuk membersihkannya dengan menggunakan tiga metode yang sudah disebutkan sebelumnya.

Prinsip dibalik proses ini adalah untuk mengetahui metode mana yang terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit dan cat digunakan sebagai simulasi dari bakteri tersebut.

Pada bagian selanjutnya dari penelitian ini, tangan relawan dilapisi dengan bakteri laktobasilus untuk menggambarkan tangan yang kotor lalu dibersihkan dengan menggunakan tiga cara pengeringan.

Saat menggunakan pengering jet yang tekanan udaranya sangat besar, bakteri menyebar dengan cepat ke udara. Saat dilakukan dengan pengering udara hangat, penyebaran udara masih sampai pada batas tertentu. Sedangkan jika menggunakan handuk kertas merupakan cara  yang terbaik karena tidak menyebarkan bakteri ke udara sama sekali.

Penelitian ini pun menunjukkan bahwa pengering jet mengakibatkan 27 kali lebih banyak bakteri yang tersebar ke udara dibandingkan dengan penggunaan handuk kertas. Dan pada akhirnya, meski agak kuno dan memiliki beberapa masalah lingkungan, penggunaan handuk kertas masih menjadi pilihan terbaik untuk mengeringkan tangan setelah menggunakan toilet.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)