home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cek Berbagai Gejala Penyakit dan Masalah Kesehatan Melalui Mata

Jumat, 09 Januari 2015 14:44 by fzhchyn | 4983 hits
Cek Berbagai Gejala Penyakit dan Masalah Kesehatan Melalui Mata
Image source: playbuzz.co

DREAMERSRADIO.COM - Untuk melihat kondisi kesehatan seseorang, terdapat bagian-bagian tubuh yang dapat dideteksi. Diantaranya adalah lidah, kuku, dan mata. Hal ini juga dapat dilihat, jika sedang memeriksa kesehatan ke dokter. Biasanya hanya dengan melihat kondisi mata atau lidah dan mulut, dokter akan langsung mendiagnosa keadaan si pasien.

Tak hanya memperlihatkan kondisi kesehatan penglihatan saja, tapi mata juga dapat menunjukkan gejala penyakit yang lain. Mulai dari diabetes, jantung, sampai penyakit yang lebih serius seperti kanker.

Mengutip sheknows.com, berikut adalah sembilan penyakit yang masalah kesehatan lainnya yang dapat terlihat dari mata.

1. Diabetes
Diabetes yang belum terdeteksi dapat ditunjukkan dalam sebuah uji mata karena darah dan cairan berwarna kuning akan terlihat oleh microscopic di pembuluh halus retina. Disebut diabetic retinophaty, ini biasanya mengarah pada kebutaan total.

“Orang dengan diabetes diberitahu, apabila mereka tidak mengobatinya, mereka akan diamputasi dan menjadi buta,” kata dr. Rhee.

2. Penyakit Tiroid
Ini adalah salah satu kondisi yang bisa terlihat dari mata sejak awal menurut Rhee. Pasien dengan masalah tiroid memungkinkan untuk memiliki mata melotot atau bola mata yang menonjol, terutama jika mereka sedang dihadapkan dengan penyakit tiroid hiperaktif yang dikenal sebagai penyakit Graves.

3. Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi dapat dilihat pada mata berupa pendarahan di pembuluh darah baru dan adanya torehan pada pembuluh darah tersebut mengarah pada pelepasan retina.

4. Penyakit Jantung
Dalam beberapa tes mata, dilakukan teknologi tinggi untuk memindai retina mata selama 30 detik. Dengan tes tersebut dapat diketahui adanya kelainan pada pembuluh darah mata yang bisa menjadi tanda penyakit jantung.

Baca juga: Klaim Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Berikut Penjelasannya

“Kadang, kita bisa melihat plak di dalam mata, plak arteri,” kata Rhee, hal itu mengacu pada salah satu gejala dari penyakit kardiovaskular. “Kadang-kadang embolii akan masuk kemata, dan bukannya otak. Itu adalah suatu peringatan karena ini akan menghancurkan bagian dari penglihatan. Ini merupakan indikasi bahwa ada plak di suatu tempat dalam sistem yang melepaskan emboli.”

5. Gangguan Kekebalan Tubuh
Gangguan imunitas atau kekebalan tubuh termasuk lupus, dapat dideteksi dalam pemeriksaan mata secara teratur. Peradangan retina mungkin menjadi tanda lupus dan penyakit kekebalan tubuh lainnya, dan pembengkakan saraf optik dan penglihatan yang kabur atau jerawat dapat menjadi tanda multipel sklerosis, menurut Rhee.

6. HIV
HIV memang belum dapat diobati namun dapat dideteksi pada pemeriksaan mata, namun dengan obat-obatan HIV yang sudah ada hanya membuat orang-orang hidup lebih lama dengan penyakit itu.

7. Kanker dan Tumor
Tumbuh di mata, lesu, dan kelopak mata mengendur, perubahan struktur mata dan ukuran yang berbeda semuanya bisa menjadi tanda kanker dan tumor, baik di mata atau di bagian tubuh lainnya, menurut dokter. “Banyak kanker dapat terjadi di mata atau sekitar mata,” kata Rhee.

8. Kolesterol Tinggi
Meskipun cincin berwarna kekuningan di sekitar kornea dan plak kekuningan pada pembuluh darah di mata bisa menjadi tanda kolesterol inggi, Rhee mengatakan bahwa grafik akan tingkat kondisi mata akan terlihat.

9. Stroke
Beberapa jenis stroke, terutama di bagian paling belakang otak, yang disertai dengan hilangnya penglihatan dan tidak ada gejala lain, menurut Rhee. “Anda tidak akan mendapatkan lengan atau kaki yang lemah,” katanya.

Untuk mencegah semua penyakit dan masalah kesehatan tersebut, lakukan pemeriksaan medis teratur setiap tahunnya, termasuk pemeriksaan mata. Dan lihat apakah ada perubahan yang terjadi, termasuk kemerahan, peradangan, kepekaan cahaya dan penglihatan yang kabur yang semuanya bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lebih serius, apakah berhubungan dengan penglihatan atau tidak.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)