home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Merasa Lelah dan Tua, Presiden Italia Putuskan Mengundurkan Diri

Jumat, 16 Januari 2015 09:58 by citra09 | 1385 hits
Merasa Lelah dan Tua, Presiden Italia Putuskan Mengundurkan Diri
Image source: AFP/Getty I

DREAMERSRADIO.COM - Presiden Italia Giorgio Napolitano mengundurkan diri karena usia lanjut dan lelah. Reuters mengabarkan pemimpin Italia berusia 89 tahun itu menyatakan mundur pada Rabu (14/01). Belum jelas siapa yang akan menggantikannya. Namun untuk sementara waktu, Napolitano melimpahkan jabatannya kepada PM Italia, Matteo Renzi.

Giorgio Napolitano yang menjadi orang nomor satu Italia sejak 2006, dan dihormati di luar Italia. Napolitano dikenal berhasil menstabilkan krisis Euro Zone.  PM Renzi yang menggantikannya, memuji pendahulunya yang berhasil mewujudkan kestabilan politik selama sembilan tahun berkuasa. “Akhir bulan ini, kami mengharapkan penggantinya terpilih,” kata Renzi.


PM Matteo Renzi (Image source: AFP/Getty Images)

Belum ada nama calon kuat yang bakal menggantikan Napolitano. Selain nama Romano Prodi, bekas PM Italia, ada pula Pier Carlo Padoan, menteri ekonomi dan Sergio Mattarella. PM Renzi menolak berspekulasi siapa yang bakal jadi calon pengganti presiden.


Giorgio Napolitano Tinggalkan Istana Kepresidenan Rabu (14/01) (Image: AFP)

Baca juga: Joe Biden Akan Memasukan Amerika Serikat kembali ke WHO

Pemilihan presiden akan digelar dalam jangka waktu 15 hari ke depan, dan dimulai akhir Januari ini. Pemilihan itu akan melibatkan majelis rendah dan tinggi, juga para wakil utusan daerah dan melalui prosedur yang cukup rumit.

Partai Demokratik pendukung PM Renzi menguasai 450 suara dari 1000 lebih kursi di parlemen. Namun Renzi bakal diganjal oleh para politikus tua yang hingga kini masih curiga dengan ketulusan PM Matteo Renzi.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)