home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspadai Gejala Penyakit Asma dengan Tanda-tanda Ini

Selasa, 20 Januari 2015 23:00 by fzhchyn | 2613 hits
Waspadai Gejala Penyakit Asma dengan Tanda-tanda Ini
healthmeup.com

DREAMERSRADIO.COM - Asma adalah salah satu penyakit saluran udara kronis yang dapat berkembang dalam waktu tertentu dalam hidup seseorang. Penyebab dari penyakit ini adalah bisa dari faktor lingkungan atau pun genetik. Gejala dari penyakit asma umumnya adalah bersin, batuk, dan pernpasan yang pendek.

Namun, dilasir dari mag forwomen, gejala asma pada setiap orang mungkin berbeda-beda, dan beberapa gejala mungkin mengacu pada masalah asma yang parah. Banyak penderita asma yang tidak melihat gejala ini dalam waktu yang lama. Berikut adalah beberapa tanda yang patut diwaspadai.

1. Batuk kronis

Batuk merupakan bentuk paling umum dari semua penyakit yang dihadapi. Batuk adalah proses alami yang dilakukan tubuh untuk menghilangkan iritasi, serbuk, lendir atau asap yang masuk ke tenggorokkan. Oleh karena itu, seseorang umumnya tidak menganggap serius batuk sebagai gejala asma. Namun jika batuk terus menerus, sebaiknya diwaspadai dan periksakan ke dokter.

2. Bronchitis

Bronchitis adalah salah satu penyakit saluran pernapasan serius. Terjadi ketika tabung bronkus bengkak atau meradang sehingga menghalangi udara antara hidung dan paru-paru. Orang yang menderita bronchitis tidak dapat menghirup udara denganbaik, dan memiliki efek buruk pada paru-paru. Seorang anak yang menderita bronchitis sejak kecil akan mendapat kesempatan lebih tinggi terkena penyakit asma.

3. Iritasi tenggorokan

Saat tenggorokan dan hidung terasa dipenuhi lendir, maka ada iritasi karena orang secara konstan akan membersihkannya. Umumnya orang menganggap ini sebagai gejala flu namun kadang iritasi tenggorokan ini juga dapat menjadi gejala asma.

4. Bersin terus menerus

Bersin adalah salah satu tanda paling umum dari penyakit asma. Jika bersin terus menerus dalam waktu yang lama, perlu diwaspadai sebagai gejala asma.

5. Bersin dan batuk setelah olahraga

Baca juga: Terungkap, Dokter Benarkan Jessica Bohong Soal Asma Yang Dideritanya

Jika setelah melakukan aktivitas olahraga lalu bersin atau batuk kemungkinan masalah asma.

6. Dada sesak

Merasa sesuatu yang berat di dada bersamaan dengan sesak napas bisa menjadi salah satu gejala penyakit asma dan hal ini sangat berbahaya bagi tubuh.

7. Kelelahan

Merasa sering cepat lelah bisa menjadi pertanda saluran udara yang membengkak sehingga menyebabkan kesulitan berbapas. Periksakan jika melihat tanda-tanda kelelahan yang ekstrim dan konstan.

8. Batuk di malam hari

Saat tidur di malam hari, saluran udara menyempit secara alami. Namun jika seseorang menderita asma, saluran udara bahkan menjadi lebih sempit sehingga menyebakan batuk.

9. Suara hilang

Hal ini terjadi paa penyakit asma tingkat lanjut. Jika suara sering hilang saat berbicara dengan nada normal, atau suara menjadi serak.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)