home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Obat Mahal dapat Sembuhkan Penyakit Lebih Baik, atau Hanya Kepercayaan?

Senin, 02 Februari 2015 17:14 by fzhchyn | 1501 hits
Obat Mahal dapat Sembuhkan Penyakit Lebih Baik, atau Hanya Kepercayaan?
Image source: neurope.eu

DREAMERSRADIO.COM - Pernah mendengar efek placebo? Sebuah rasa percaya pada kekuatan penyembuh dalam obat yang membuat kondisi tubuh membaik meskipun tidak ada kandungan obat di dalamnya. Saat ini, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa saat orang meminum obat yang lebih mahal dari yang sebenarnya, mereka akan berpikir bahwa obat itu berkhasiat.

Dilansir Health, dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nuerology, para peneliti menjelaskan kepada 12 orang penderita Parkinson bahwa mereka diberi 2 jenis obat yang sama, namun salah satunya lebih mahal dengan harga 100 dolar dan 1500 dolar.

Sebelum obat diberikan, pasien sudah menjalani serangkaian tes terlebih dahulu. Menariknya, hasil yang didapatkan adalah pasien yang mendapat obat yang mahal memiliki peningkatan motorik 28%. Delapan orang yang mengkonsumsi obat yang mahal juga mengatak kepada peneliti bahwa mereka terkejut dengan kemajuan yang mereka rasakan.

Pada kenyataannya, para peneliti hanya memberikan larutan garam yang tidak memiliki efek sama sekali. Sehingga ada kemungkinan bahwa orang-orang yang terlibat dalam studi ini mengalami efek placebo yang begitu besar.

Baca juga: Tidak Dibenarkan! Catat, Obat Virus Corona Bukan Untuk Pencegahan

Mendapat efek placebo telah terbukti meningkatkan pelepasan dopamin di otak, dopamin juga berdampak pada pergerakan.

Meskipun para penulis mengakui bahwa mereka harus menipu orang-orang dalam penelitian untuk mendapatkan hasil, mereka mengatakan bahwa temuan mereka bisa membantu peningkatan kualitas hidup orang suatu hari nanti.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)