home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gantikan MSG, Ciptakan Rasa Umami dari Bahan Makanan Ini

Senin, 02 Februari 2015 18:44 by fzhchyn | 2989 hits
Gantikan MSG, Ciptakan Rasa Umami dari Bahan Makanan Ini
insights.ingredientsnetwo

DREAMERSRADIO.COM - Kita sudah sangat umum dengan jenis rasa seperti manis, asam, pahit, dan asin. Namun jenis rasa yang kelima ini mungkin sedikit terlupakan, yaitu ‘umami’. Rasa umami sendiri di deskripsikan sebagai rasa gurih dan kaya akan bumbu.

Dilansir Health, umami sendiri berasal dari glutamat, yaitu sejenis asam amino yang ditemukan secara alami dalam beberapa makanan. Glutamat juga ada dalam MSG (monosodium glutamate), sebuah bahan penyedap buatan.

Menggunakan MSG dalam masakan memang membuat lezat, tapi ada beberapa bahan makanan yang secara alami mengandung glutamat sehingga dapat dijadikan pengganti MSg dalam makanan.

1. Tomat

Dapatkan rasa umami dari saus tomat yang disajikan dengan kentang goreng atau salsa yang disajikan dengan keripik. Menggunakan tomat kalengan juga dapat menjadi alternatif untuk membuat pasta tomat.

2. Jamur

Potong jamur shiitake tipis-tipis lalu goreng dengan sedikit minyak zaitun dan garam. Sebarkan dalam loyang dan panggang dengan suhu 350 derajat F skitar 10 menit. Dan jamur pun siap ditaburkan di atas salad favorit dan sajikan dengan polenta atau jadikan isi sandwich.

Baca juga: Pernah Dengar Soal Rasa Umami? Ini Penjelasan Chef Mariya Ibrahim

3. Makanan tua

Makanan yang memiliki usia yang tua seperti keju, anggur, dna cuka dapat memberikan rasa luar biasa dengan sedikit kalori. Parut keju parmesan dan sajikan dengan kubis, glasir wajan dengan anggur, atau tambahna cuk asebagai dressing salad.

4. Akar berumbi

Sayuran akar berumbi seperti kentang, wortel, dan lobak akan membawa keluar rasa mereka. Cukup mengkaramelkan sayuran tersebut untuk rasa umami yang maksimal.

5. Kacang panggang

Panggang kacang almond atau walnut dan biji-bijian seperti wijen, biji bunga matahari, atau labu lalu campurkan dalam salad. Bisa juga memanggang beras sebelum dimasak dengan air.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)