home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Suka Mendengarkan Musik Dengan Suara Keras? Ini Bahayanya

Selasa, 10 Maret 2015 18:45 by Dewinn | 3821 hits
Suka Mendengarkan Musik Dengan Suara Keras? Ini Bahayanya
Image source: whisperedin

DREAMERSRADIO.COM - Hampir semua orang khususnya anak-anak muda pasti senang mendengarkan musik. Bahkan sebagian lagi gemar mendengarkan musik dengan suara yang sangat keras. Apakah kamu termasuk diantaranya?

Beberapa orang beranggapan, musik adalah teman dikala sedang bosan atau butuh hiburan. Yap, itu memang benar. Tapi jika kamu mendengarkan musik dengan suara yang terlalu keras, terlebih jika menggunakan earphone, hal tersebut akan berbahaya bagi pendengaran.

Di lansir brightlife, Catrin Fletcher dari RNID menyatakan bahwa mendengarkan musik dengan volume tinggi menggunakan earphone (lebih dari 100 dB) punya efek yang sama seperti berdiri 3 meter dari bor besar. Inilah bahayanya :

1.       Mengganggu konsentrasi. Penelitian dari university of Alabama Birmingham menyatakan bahwa mendengarkan musik sambil menyebrang lebih berbahaya daripada sambil mengobrol karena saat itu pendengaran menurun. Sama seperti ketika mendengarkan musik dengan volume tinggi sambil melakukan hal yang lain.

2.       Merusak syaraf. Menurut penelitian, mendengarkan musik diatas 110 dB dengan earphone bisa merusak syaraf yang membawa sinyal dari telinga ke otak. Hal ini juga bisa menyebabkan gangguan pada kepala seerti sering pusing atau sakit kepala.

3.       Merusak pendengaran. ini adalah bahaya yang paling utama ketika kamu memiliki kebiasaan mendengarkan musik dengan volume keras menggunakan earphone. Sel-sel rambut di telinga yang berfungsi menyaring suara akan rusak dan menyebabkan gangguan pendengaran. kebiasaan itu juga dapat merusak gendang telinga yang pada akhirnya akan berujung pada kehilangan kemampuan mendengar.

Wah, ternyata kebiasaan ini sangat berbahaya ya, dreamers. Meskipun mendengarkan musik sangat bermanfaat, tetapi alangkah baiknya jika kita juga menjaga indra pendengaran kita dengan mengurangi kebiasaan ini.

Cara-caranya misalkan dengan mengistirahatkan telinga dari mendengarkan musik selama beberapa waktu, kecilkan volume saat mendengarkan musik, atau jangan terlalu sering menggunakan earphone saat mendengarkan musik. Kamu ga mau kan nantinya pendengaranmu jadi rusak gara-gara kebiasaan ini?

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)