home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali dan Cari Tahu Penyakit Meningitis, Penyakit yang Diderita Oleh Olga Syahputra

Minggu, 29 Maret 2015 17:18 by ningcil | 7253 hits
Kenali dan Cari Tahu Penyakit Meningitis, Penyakit yang Diderita Oleh Olga Syahputra
Image source: myhealthblo

DREAMERSRADIO.COM - Penyakit Meningitis, sebuah penyakit yang menyerang daerah otak manusia kabarnya merupakan penyakit yang diderita oleh komedian sekaligus presenter Olga Syaputra selama hampir satu tahun samai akhirnya meninggal dunia pada Jumat, 27 Maret 2015 di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura.


 

Image source: soc.ucsb.edu

Menurut lansiran dari Metrotvnews, inilah penjelasan mengenai penyakit Meningitis:

Apa sih Meningitis itu?
Meningitis merupakan sejenis infeksi yang nyaris langka yang mempengaruhi selaput halus (membran), yang disebut meninges, yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Penyebab Meningitis ini pun beragam, mulai dari bakterial, viral, dan juga fungal Meningitis.

Penyebab Meningitis
Meningitis hampir selalu disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai di tempat lain dalam tubuh, seperti di telinga, sinus, atau saluran pernapasan bagian atas. Sementara penyebab lain Meningitis yang jarang terjadi termasuk infeski jamur, gangguan kekebalan tubuh, dan obat-obatan.

Tipe-tipe Meningitis
Bakterial Meningitis
dapat menular kepada orang-orang yang melakukan kontak dengan jarak dekat. Tipe ini sangat serius dan memerlukan perawatan medis segera. Jika tak ditangani dengan cepat maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan jam atau menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan bagian tubuh lainnya.

Bakteri dapat menyebar dari orang ke orang lewat batuk dan bersin. Jika berdekatan dengan orang yang terjangkit Bakterial Meningitis sebaiknya meminta saran dari dokter untuk langkah-langkah pencegahan infeksi.

Viral Meningitis cenderung golongan yang tak ganas dan kebanyakan sembuh sepenuhnya. Penyakit ini dapat disebabkan oleh sejumlah virus termasuk beberapa virus yang dapat menyebabkan diare. Penderita penyakit ini jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kerusakan otak permanen setelah infeksi sembuh.

Baca juga: Pahami 6 Penyebab Obesitas yang Patut Diwaspadai

Fungal Meningitis merupakan golongan langka Meningitis yang umumnya hanya terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Tipe ini disebabkan oleh jamur dan jarang terjadi pada orang yang sehat. Namun seseorang yang bermasalah dengan kekebalan tubuh seperti penderita AIDS sangat rentan untuk terkena infeksi ini.

Siapa yang beresiko terjangkit?
Siapapun dapat terjangkit penyakit Meningitis, namun penelitian menunjukkan ada kelompok usia yang lebih rentan terjangkit penyakit ini, yaitu anak dibawah usia 5 tahun, remaja dan dewasa mulai 16-25 tahun dan orang dewasa diatas 55 tahun.

Penelitian telah menunjukkan bahwa Meningitis lebih berbahaya bagi orang-orang dalam kondisi medis tertentu, seperti limpa rusak, penyakit kronis, atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

Karena kuman tertentu yang menyebabkan Meningitis bisa menular, penyakit ini bisa mewabah di tempat-tempat dimana orang tinggal dalam jarak dekat seperti asrama, begitu juga pada orang-orang yang bepergian ke daerah-daerah tertentu di Afrika dimana Meningitis kerap terjadi.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah meski peluang pribadi mendapatkan Meningitis lebih tinggi dari rata-rata, itu masih merupakan penyakit langka dan ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko terkena Meningitis.

(ncl/Metrotvnews)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)