home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Takut Naik Pesawat? Coba Tips Atasi Rasa Takut Naik Pesawat Berikut Ini

Senin, 30 Maret 2015 18:17 by Dewinn | 1638 hits
Takut Naik Pesawat? Coba Tips Atasi Rasa Takut Naik Pesawat Berikut Ini
Image source: alixneedham

DREAMERSRADIO.COM - Sebenarnya ada banyak orang yang juga memiliki rasa takut naik pesawat terbang. Rasa takut naik pesawat ini dalam istilah medis biasa disebut aerophobia. Menurut penelitian, jenis rasa takut ini merupakan rasa takut kedua terbesar di Amerika Serikat.

Menghilangkan rasa takut memang tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk mengurangi rasa takut naik pesawat terbang.

1. Cari tahu penyebab utama rasa takut

Apakah penyebabnya karena trauma, phobia, atau karena kekhawatiran berlebihan terhadap apa yang akan terjadi pada pesawat ketika terbang dan lainnya. Setelah mengetahui benar penyebabnya, cobalah untuk mengontrol diri dan perkaya dirimu dengan pengetahuan mengenai ketakutanmu terhadap pesawat serta tetap berpikir positif.

2. Hindari minum kopi atau wine sebelum berangkat

Minuman ini dapat membuat dehidrasi apalagi jika kamu orang yang mudah panik. Minuman beralkohol juga akan membuat jet lag makin parah. Sehingga malah membuatmu semakin cemas.

3. Bernafaslah dengan rileks

Kekhawatiran dan ketakutanmu seringkali membuat nafasmu tak beraturan, terutama ketika pesawat takeoff. Latihlah teknik pernafasan dengan mengambil nafas dalam dan hembuskan perlahan untuk menenangkan dirimu.

4. Membaca buku atau mendengarkan musik

Menyibukkanmu dengan kegiatan-kegiatan yang menghibur yang bisa dilakukan didalam pesawat membuatmu sedikit melupakan rasa cemas dan takutmu. Majalah dan tv yang biasa ada di pesawat dapat menjadi salah satu pengalihanmu.

5. Beritahu awak pesawat

Tidak ada salahnya untuk memberitahu pramugari atau awak pesawat yang bertugas atau mengobrol dengan teman seperjalanan kamu tentang kekhawatiran atau rasa takutmu iti. Hal tersebut dapat membuat dirimu lebih tenang dan merasa lebih aman.

Yang terpenting adalah pastikan segala persiapan untuk berlibur dan naik pesawat sudah selesai dan kamu tidak dalam keadaan terburu-buru saat berangkat. Jika kamu terburu-buru malah membuatmu makin panik dan akan merusak rencana liburanmu. Semoga bermanfaat! 

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)