home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Tips Lebih Berkonsentrasi Saat Menghadapi Ujian Nasional

Selasa, 14 April 2015 13:42 by fzhchyn | 2792 hits
Simak Tips Lebih Berkonsentrasi Saat Menghadapi Ujian Nasional
Image source: solopos

DREAMERSRADIO.COM - Menjalani Ujian Nasional (UN) bagi siswa tingkat akhir tak hanya membutuhkan fisik dan mental yang kuat tapi juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Namun tentunya tidak ada yang bisa mengalahkan semangat dan harapan yang datang dari dalam diri sendiri.

Agar ujian berjalan lancar dan mendapat hasil yang memuaskan, konsentrasi yang penuh adalah hal penting yang harus diperhatikan. Untuk meningkatkan memori dalam menghapal pelajaran dan konsentrasi, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Berjalan sebelum ujian

Sudah terbukti bahwa berolahraga dapat meningkatkan memori dan kekuatan otak. Sebuah penelitian menunjukka bahwa 20 menit berolahraga sebelum mengerjakan soal ujian dapat meningkatkan kemampuan. Tak harus melakukan olahraga yang berat, berjalan kaki saja sudah cukup.

2. Berbicara lantang daripada membaca biasa

Saat belajar sebelum ujian, membaca materi dengan suara yang keras dan lantang terbukti lebih diingat dibandingkan membaca biasa saja. Namun jangan dilakukan di perpustakaan dengan banyak orang ya karena bisa mengganggu.

3. Ajarkan apa yang sudah dipelari

Cara terbaik untuk mengerti suatu hal adalah dengan mencoba mengajarkannya lagi pada orang lain. Coba praktekkan bersama teman-teman kamu.

4. Hindari situs yang mengganggu

Pengendalian diri adalah hal terpenting yang dapat dilakukan untuk tetap fokus pada mata pelajaran dan ujian yang akan dihadapi. Sebisa mungkin hindari situs atau media sosial yang bisa mengganggu konsentrasi belajar kamu.

5. Istirahat

Baca juga: UN 2020 Resmi Dibatalkan, Diganti Nilai Rapor Jadi Standar Kelulusan?

Seperti halnya tubuh, otak juga perlu istirahat setelah belajar dalam waktu yang lama. Istirahat juga membantu otak lebih bisa menyerap materi yang sedang dipelajari dibandingkan dengan belajar secara terus-menerus. Ambil waktu istirahat setelah belajar selama 45-50 menit.

6. Dengarkan musik yang tepat

Jenis musik yang tepat bisa membuat orang lebih peoduktif dan bersemangat dalam belajar dengan cara meningkatkan mood. Musik klasik dipercaya dapat melakukannya, namun setiap orang tentu memiliki jenis musik yang sesuai dengan diri masing-masing

7. Jangan begadang

Jika keesokan harinya ujian, makan di malam hari jangan begadang, waktu tidur yang cukup sangatlah penting untuk tetap fokus dan konsentrasi saat menjalani ujian.

8. Belajar kelompok

Belajar kelompok bisa membantu menemukan pandangan baru dan pengalaman belajar yang berbeda. Bersama teman-teman, kamu bisa berbagi sumber, berdiskusi dan berinteraksi satu sama lain.

9. Meditasi

Penelitian mengatakan bahwa meditasi dapat membantu siswa tetap fokus saat belajar. Tak hanya saat belajar, efek meditasi juga bisa mengurangi stres sebelum ujian yang meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

(fzh/examtime)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)