home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Membahayakan Mata

Jumat, 17 April 2015 18:56 by Dewinn | 3737 hits
Kenali Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bisa Membahayakan Mata
Image source : drsamuel.o

DREAMERSRADIO.COM - Banyak orang sudah memiliki kesadaran untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Namun apakah kesehatan mata juga termasuk didalamnya? Kenyataanya, masih banyak yang menyepelekan hal tersebut. Kesehatan mata juga sangat penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Gaya hidup dan budaya yang dimiliki masing-masing orang membuat kita tanpa sadar melakukan kebiasaan yang dapat merusak mata. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk tersebut seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Terlalu lama menatap layar handphone
Tulisan dan layar handphone yang kecil membuat matamu bekerja lebih keras dan membuatmu jarang mengedip. Mengedip membantu melembabkan mata. Jika matamu kering, selain akan terasa tidak nyaman, kesehatan matamu juga akan terancam. Cahaya dari layar handphone juga bisa jadi penyebab sakit kepala dan mual, lho.

2. Menggosok mata
Ini mungkin kebiasaan yang paling sering dilakukan apalagi ketika mata kelilipan. Menggosok mata terlalu keras dapat menyebabkan infeksi dan memecahkan pembuluh darah di bawah kelopak mata.

3. Memakai obat tetes mata berlebihan
Ternyata obat tetes mata tanpa resep hanya membantu matamu agar terlihat tidak terlalu merah, tidak benar-benar meningkatkan kesehatan mata. Jangan gunakan obat tetes mata secara rutin terus menerus karena justru akan mengiritasi matamu.

Baca juga: Hindari Mata Lelah Akibat Sering Menatap Layar dengan Cara Mudah Ini

4. Memakai make-up sembarangan
Menurut American Association of Ophthamology, kosmetik yang berumur lebih dari tiga bulan sebaiknya tidak digunakan pada mata. Karena bakteri yang ada pada alat make-up dapat berbahaya bagi mata. Selain itu, secara rutin hapus make-up mu sebelum tidur untuk mengurangi infeksi yang bisa terjadi pada mata.

5. Kurang tidur
Kurang tidur tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan seperti kenaikan berat badan atau depresi. Kurang tidur  juga bisa menyakiti mata mu seperti beberapa gejala termasuk berkedut, mata kering, pandangan kabur, dan mata perih.

6. Memakai kontak lens saat mandi atau berenang
Hampir semua air kolam atau air pam terdapat sekawanan amuba atau parasit yang berbahaya. Berenang atau mandi menggunakan kontak lens, memungkinkan parasit masuktersebut terperangkap disela-sela mata dan kontak lens dan masuk kemata. Dan dapat menyebabkan kebutaan.

Sebelum terlambat, yuk, ubah kebiasaan tersebut untuk menjaga kesehatan matamu, Dreamers...

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)