home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbagai Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Membaca Buku

Kamis, 23 April 2015 13:31 by fzhchyn | 1574 hits
Berbagai Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Membaca Buku
Image source: wallpapersc

DREAMERSRADIO.COM - Dreamers, kapan terakhir kali kamu membaca buku atau paling tidak sepotong artikel dalam majalah? Mungkin saat ini lebih banyak orang yang memilih membaca berita atau informasi melalui sosial media dan Internet.

Namun tahukah kamu bahwa membaca buku secara rutin memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh? Nah bertepatan dengan Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 23 April, yuk mulai membaca buku dan rasakan berbagai manfaat kesehatannya, seperti berikut:

1. Stimulasi mental

Penelitian telah menunjukkan bahwa mental yang tetap terstimulasi akan menjauhkan seseorang dari penyakit Alzheimer dan Demensia, karena otak tetap aktif dan mencegahnya kehilangan kekuatannya untuk berpikir.

Sama seperti otot,otak juga perlu latihan agar tetap bisa berfungsi secara maksimal. Salahsatu caranya adalah dengan membaca buku.

2. Menurunkan stres

Tak peduli berapa banyak stres yang didapat di sekolah, kantor, atau rumah, stres itu akan hilang saat membaca buku dan pikiran fokus pada jalan cerita dalam novel favorit. Sebuah novel yang ditulis secara apik mampu membuat pembacanya “pindah” ke alam lain sehingga mengalihkan perhatian dari masalah dan stress yang dihadapi.

3. Pengetahuan

Apapun yang dibaca seseorang pasti akan mengisi kepala dan menjadi informasi baru, dan kamu tak akan pernah tahu kapan informasi itu akan berguna dalam hidupmu. Jadi semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin baik pula “perlengkapan” yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah.

4. Perluasan kosakata

Untuk mempelajari bahasa baru dan menambah kosakata, membaca adalah salah satu kunci suksesnya. Dengan kosakata yang banyak dipelajari sat membaca, tentunya kamu lebih percaya diri saat menggunakan bahasa baru tersebut dalam percakapan sehari-hari.

5. Peningkatan memori

Saat membaca buku, seseorang pasti harus mengingat berbagai karakter, tokoh, latar belakang, ambisi, sejarah, dan nuansa serta berbagai alur cerita di dalamnya. Menakjubkan bahwa otak dapat melakukan (mengingat) hal-hal itu. Setiap memori baru yang masuk akan membuat sinapsis baru dalam otak.

Baca juga: Manfaat Menakjubkan dari Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahu

6. Kemampuan menganalisis lebih kuat

Pernahkah kamu membaca novel misteri namun berhasil mengetahui apa penyebab bahkan sebelum kamu selesai membacanya? Jika pernah, maka kamu memiliki pemikiran kritis dan analitis dengan memperhatikan setiap rincian yang diberikan dalam novel.

7. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Dalam dunia Internet yang semakin menggila ini, orang dituntuk untuk menjadi multitasking. Misalnya dalam satu waktu tertentu, seseorang harus mengecek e-mail, chatting, melihat sosial media, dan berinteraksi dengan orang di sekitar. Perilaku seperti ini menyebankan stres meningkat dan menurunkan produktivitas.

Sementara saat membaca buku, pikiran seseorang hany afokus pada jalan cerita dalam kisah yang dibaca. Cobalah untuk membaca buku 15-20 menit sebelum beraktivitas di pagi hari, maka kamu akan merasa lebih fokus melakukan kegiatan seharian.

8. Kemampuan menulis lebih baik

Memiliki hubungan dengan penambahan kosakata karena rajin membaca, hal ini juga akan berdampak pada kemampuan menulismu. Semakin banyak kata yang dipelajari, maka tulisan yang kamu buatpun akan semakin kaya.

9. Ketenangan

Membaca buku yang bagus akan membaa ketenangan dan kedamaian yang signifikan. Misalnya membaca buku kegamaan bisa menurunkan tekanann darah dan membawa rasa tenang.

10. Hiburan gratis

Membaca buku juga dapat dikategorikan sebagai hiburan yang murah meriah. Tanpa harus mengeluarkan uang banyak, kamu bisa pergi meminjam buku di sekolah atau perpustakaan kota untuk membaca berbagai buku yang menarik. Selamat Hari Buku, Dreamers ^^

(fzh/lifehack)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)