home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Nepal Geser Ibu Kota Sejauh Tiga Meter!

Rabu, 29 April 2015 12:12 by ningcil | 1863 hits
Gempa Nepal Geser Ibu Kota Sejauh Tiga Meter!
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - James Jackson, pakar tektonik Universitas Cambridge, punya data menarik soal gempa 7,9 skala Richter yang mengguncang Nepal.

"Gempa itu menggeser lapisan tanah di bawah Kathmandu, ibu kota Nepal, tiga meter ke selatan," ujar Jackson seperti dikutip PressTV.

Data seismologi awal ini, menurut Jackson, diperoleh dari gelombang suara yang memantau pergeseran kerak bumi. Sandy Steacy, kepala departemen ilmu-ilmu fisika Universitas Adelaide, mengatakan analisis Jackson kemungkinan benar.

"Kemungkinan itu sangat masuk akal karena gempa Nepal terjadi di sesar anjak Himalaya, batas lempeng yang memisahkan sub-benua India dan Eurasia," ujar Steacy.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Sesar Himalaya beranjak sepuluh derajat ke utara-timur laut. Gerakan ini, katanya, relatif berada di zona patahan di utara Kathmandu. Sejumlah pakar lain mengatakan gempa besar ini tidak akan mengurangi ketinggian Gunung Everest.

Mark Allen, dari Departemen Ilmu Bumi Universitas Durham di Inggris, mengaakan gempa mendorong bebatuan di atas sesar ke selatan.

"Akibatnya terjadi pemendekan keseluruhan kerak bumi di wilayah itu," ujar Allen. Sederhanya, Kathmandu dipindahkan ke selatan sejauh tiga meter.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)