home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masyarakat Suku Pedalaman Buton Ini Gunakan Tulisan Korea Dalam Keseharian Mereka

Jumat, 15 Mei 2015 15:44 by Dewinn | 6798 hits
Masyarakat Suku Pedalaman Buton Ini Gunakan Tulisan Korea Dalam Keseharian Mereka
image source : blog.daum.

DREAMERSRADIO.COM - Ternyata Indonesia sudah kenal dengan bahasa Korea jauh sebelum kita menyadarinya. Di Pedalaman Buton, Sulawesi tenggara, terdapat satu suku asli indonesia yang menggunakan “Bahasa Korea” dalam kehidupan sehari-hari, lho, dreamers.

Salah satu suku di Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara telah lama menggunakan hangeul (tulisan korea) dikesehariannya yaitu suku Cia-Cia. Meskipun mereka berbicara tetap menggunakan bahasa suku mereka dan bahasa indonesia, mereka menulis dengan menggunakan huruf hangeul.


Image source: languageonthemove.com

Alasan mereka menggunakan Hangeul adalah karena masyarakat suku Cia-Cia mengalami keterbatasan dalam kemampuannya membaca dan menulis abjad.

Kemudian agar  mereka tetap bisa melestarikan bahasa Cia-cia yang terancam punah, mereka memilih hangeul sebagai aksara mereka. Hangeul dianggap aksara yang paling mudah di pelajari dan tidak akan mengubah arti dari bahasa yang mereka gunakan.


Image source: koreanchingu.wordpress.com

Sejak tahun 2009, aksara Hangeul resmi jadi sistem penulisan untuk bahasa Cia-Cia. Plang-plang jalan bahkan nama tempat atau toko di sana juga sudah banyak yang menggunakan abjad Hangeul.


image source : brilio.net

Pemerintah kota bahkan telah bekerjasama dengan Hunminjeongeum Research Institute agar bisa mengajarkan aksara korea ke sekolah-sekolah disana mulai dari tinggat sekolah dasar. Sejak saat itu, Suku Cia-Cia jadi populer di Korea.

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)