home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tewaskan 2 Juta Orang, Kamboja Peringati Hari Kemarahan

Rabu, 20 Mei 2015 23:00 by reinasoebisono | 1453 hits
Tewaskan 2 Juta Orang, Kamboja Peringati Hari Kemarahan
inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Lebih seribu orang, Rabu (20/5), memperingati Hari Kemarahan untuk mengenang kekejaman Khmer Merah.

Puluhan siswa mengenakan pakaian hitam dengan syal merah kotak-kotak putih khas Khmer Merah, memegang senapan, pisau, bambu runcing, memperagakan pembunuhan massal yang dilakukan prajurit Khmer Merah saat berkuasa.

Kerumunan orang menyaksikan aksi teatrikal itu. Di antaranya; biksu Buddha dan anak-anak. Perayaan dipusatkan di depan Choeung Ek, museum Killing Fields di pinggiran Phnom Penh. Kim Tin, kini berusia 64 tahun, menyaksikan aksi teatrikal dengan emosional. Ia tak sadar air mata menuruni pipi keriputnya.

"Putri saya berusia delapan tahun ketika diperkosa secara brutal dan dibunuh tentara Khmer Merah," ujar Kim Tin, yang suaminya lebih dulu dibunuh rejim Maois. "Saya tidak akan pernah melupakannya," lanjut Kim Tin.

Baca juga: 200 Negara Berjuang, Bagaimana Bisa Tiga Negara ASEAN Ini Nol Kematian Virus Corona?

Dua juta rakyat Kamboja tewas selama kekuasaan Khmer Merah antara 1975 sampai 1979. Kebanyakan akibat kelaparan, sakit, terbunuh akibat konflik internal, serta intelektual yang dianggap penyakit masyarakat oleh Khmer Merah.

Beberapa ratus orang yang selamat dari era paling gelap dalam sejarah Kamboja itu berkumpul di Choeung Ek pada 17 April tahun lalu, untuk memperingati kekejaman Khmer Merah 30 tahun lalu.

Ini adalah tahun kedua mereka memperingati kekejaman Khmer Merah, dan diberi nama Hari Kemarahan. Pengadilan Internasional telah menghukum seluruh dari sisa petinggi Khmer Merah yang bertanggung jawab atas pembantaian.

Khieu Samphan dan Nuon Chea dihukum seumur hidup, Agutus 2014 lalu. Pol Pot tak sempat diadili. Brother Number One, demikian Khmer Merah memanggilnya, tewas tahun 1998.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)