home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Kebiasaan Mengobati Sendiri di Rumah? Simak Bahayanya!

Senin, 25 Mei 2015 18:06 by fzhchyn | 1467 hits
Punya Kebiasaan Mengobati Sendiri di Rumah? Simak Bahayanya!
Image source: carlysnyder

DREAMERSRADIO.COM - Ada beberapa orang yang sakit namun enggan untuk pergi ke dokter karena merasa penyakitnya biasa saja dan akan sembuh dengan pengobatan yang dilakukan sendiri di rumah. Obat bisa menjadi racun jika tidak digunakan dengan dosis dan cara yang tepat.

Beberapa obat yang digunakan secara berlebihan adalah penghilang rasa sakit, antasida, dan antibiotik. Jika seseorang mengkonsumsi obat antibiotik untuk infeksi tanpa resep dan tidak mengetahui jenis bakteri apa yang menginfeksi tubuh, kemungkinan bakteri tersebut akan berkembang akan lebih besar.

Kebiasaan mengobati diri sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter ini bisa menjadi fatal dan bahkan bisa mengancam kehidupan dan bahaya kesehatan seperti yang dilansir laman Bold Sky berikut.

1. Kerusakan hati

Semua obat yang dikonsumsi, akan ke hati sebagai bagian dari metabolisme, jadi ada beban besar di hati untuk memproses obat ini. Parasetamol adalah salah satu obat yang bisa menyebabkan kerusakan hati yang cukup parah. Karena saat memproses obat ini, metabolit yang diproduksi akan menyerang hati.

2. Kerusakan ginjal

Obat juga akan menuju ke ginjal untuk ekskresi melalui urin setelah selesai menjalankan aksinya dalam tubuh. banyak obat yang diminum tanpa resep dokter bisa menyebabkan kerusakan ginjal, contohnya adalah nimesulide yang bisa membuat pendarahan di ginjal.

3. Syok anafilaksis

Ini adalah reaksi alergi pada suatu obat yang parah. Setiap orang akan memiliki reaksi yang berbeda akan suatu obat. Gejala dari alergi ini adalah meningkatnya detak jantung, menurunnya tekanan darah, lemas, kaget atau syok, dan ketidak sadaran bahkan sampai menyebabkan kematian.

4. Interaksi obat

Jika sudah mendapat obat tertentu sebagai pengobatan lalu mengkonsumsi obat lain tanpa konsultasi dokter, hal ini akan membuat resep obat tidak efektif. Salah satu obat dapat menurunkan atau meningkatkan efek dari obat lainnya.

5. Kontra indikasi

Pengobatan yang dilakukan sendiri bisa meningkatkan keparahan suatu penyakit yang sudah diderita. Misalnya jika seseorang menderita diabetes lalu mengkonsumsi obat steroid untuk mengobati peradangan atau nyeri maka obat ini dapat meperburuk diabetes.

6. Toleransi

Saat mengkonsumsi obat tidur atau obat penenang, seseorang biasanya meningkatkan dosis yang biasa dipakai dan hal ini akan mengubah tolaransi tubuh terhadap obat secara bertahap. Hingga sampai pada tidak merasakan efek apapun dari obat itu sendiri.

7. Ketahanan obat

Saat ini, resistensi bakteri terhadap antibiotik telah menjadi masalah umum. Hampir semua bakteri tahan terhadap antibiotik. Jadi saat seseorang mengkonsumsi antibiotik tanpa mengetahui jenis infeksi yang menyerang, bukan tidak mungkin kalau bakteri tersebut akan bertahan dalam tubuh atau semakin berkembang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)