home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berwisata Sehat Di Desa Bone-Bone, Wilayah Bebas Asap Rokok Pertama Di Indonesia

Minggu, 31 Mei 2015 14:25 by Dewinn | 3503 hits
Berwisata Sehat Di Desa Bone-Bone, Wilayah Bebas Asap Rokok Pertama Di Indonesia
Image source : fotosulawe

DREAMERSRADIO.COM - Jika selama ini orang menganggap sulit untuk menemukan daerah bebas asap rokok untuk dijadikan destinasi liburan. Mungkin pendapat tersebut akan segera dipatahkan. Di Indonesia, ternyata suatu desa di Sulawesi Selatan ternyata sejak lama sudah anti asap rokok.

Suasana anti roko sudah begitu terasa saat memasuki desa ini dengan adanya tanda larangan merokok terpampang di baliho besar di gerbang masuk. Desa Bone-Bone, begitu namanya, memang sangat terkenal tak hanya di Indonesia tapi juga dimancanegara sebagai desa tanpa rokok.


Image source : suaradesa.timesindonesia.co.id

Desa dengan penduduk sekitar 800 jiwa ini sejak tahun 2000 sudah menjadi kawasan bebas rokok atas inisiatif Kepala desa, Muhammad Idris dan peran aktif penduduk setempat.

Inisiatif ini perlu di acungi jempol. Pasalnya, desa ini terletak di lereng Gunung Latimojong pada ketinggian 2500 meter diatas permukaan laut dan pastinya adalah daerah dingin. Biasanya, orang akan merokok untuk mengatasi udara dingin yang menyerang tubuh. Namun tidak bagi penduduk desa ini.


Image source : kompak.co

Wisatawan atau pendatang yang singgah didesa Bone-Bone ini juga dilarang merokok disana. mereka juga menetapkan sanksi tertentu jika ada yang berani melanggarnya. Kebijakan tersebut juga diikuti dengan penyuluhan kepada masyarakat akan bahaya rokok bagi kesehatan.


Iimage source : travel.detik.com

Selain udara sejuk tanpa asap rokok, pemandangan pegunungan pun tak kalah indah. Yang menjadi ciri khas Desa Bone-Bone juga adalah rumah-rumah panggungnya yang fenomenal. Membuat desa tersebut makin populer dikalangan wisatawan.

Wah, tempat seperti ini bisa dijadikan inspirasi untuk mengembangkan daerah wisata bebas asap rokok di tempat lain nih, Dreamers! 

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)