home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sekolah di Inggris Ini Larang Siswa Muslim untuk Berpuasa Ramadhan, Apa Alasannya?

Kamis, 18 Juni 2015 14:30 by syaifan | 4281 hits
Sekolah di Inggris Ini Larang Siswa Muslim untuk Berpuasa Ramadhan, Apa Alasannya?
Image source: leytonstone

DREAMERSRADIO.COM - Ketika semua umat muslim di dunia bersuka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang bertepatan pada Kamis (18/6), sebuah kontroversi terjadi di salah satu sekolah di Inggris yang melarang muridnya untuk berpuasa yang merupakan ibadah wajib selama bulan Ramadhan.

Dilaporkan oleh stasiun televisi Rusia RT, Barclay Primary School yang berlokasi di London Timur mengeluarkan surat edaran kepada orang tua murid dengan mengeluarkan larangan bagi para murid untuk berpuasa selama bersekolah.

Alasan yang digunakan untuk pelarangan tersebut adalah isu kesehatan. Pihak sekolah mengkhawatirkan murid mereka akan jatuh sakit ketika berpuasa sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara maksimal. Karena mereka sebelumnya pernah mendapati hal seperti itu terjadi di sekolah mereka.

Protes akan aturan tersebut pun kemudian berdatangan dari komunitas warga muslim di Inggris. Mereka menganggap pihak sekolah tidak bisa memberikan aturan semacam itu karena puasa adalah salah satu perinta wajib agama yang harus dijalankan.

Baca juga: Tersandung Kasus Hukum, Ini Deretan Selebriti yang Berpuasa Dipenjara

“Islam memang tidak memaksa anak-anak untuk berpuasa seharian penuh, karena kewajiban ini memang diperuntukkan bagi mereka yang sudah melalui masa pubertas. Tapi, orang tua murid juga punya hak untuk menentukan apakah anaknya akan puasa atau tidak sebagai bentuk latihan. Bukannya pihak sekolah yang memberikan larangan,” kata Catherine Heseltine dari perwakilan Komunitas Muslim Inggris.

Hingga saat ini, sejumlah orang tua murid muslim masih terus melanjutkan protes mereka agar anaknya bisa berpuasa sambil tetap bersekolah. Namun sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut lagi apakah pihak sekolah tersebut akan mengubah aturan dari surat edaran yang mereka keluarkan tersebut.

(Syf)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)