home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Langgar Privasi Anak Muda, Aplikasi Buatan Pemerintah Korea Ini Diprotes

Jumat, 19 Juni 2015 12:44 by citra09 | 3552 hits
Dianggap Langgar Privasi Anak Muda, Aplikasi Buatan Pemerintah Korea Ini Diprotes
Image souce: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah aplikasi smartphone terbaru yang diluncurkan pemerintah Korea Selatan baru-baru ini menuai kontroversi karena dianggap melanggar privasi dan kebebasan anak muda, terutama mereka yang berada di usia 19 tahun ke bawah.

Diberi nama ‘Smart Sheriff’, aplikasi ini akan mengizinkan orang tua untuk mengontrol aktivitas apapun yang dilakukan sang anak lewat smartphone-nya. Misalnya, para orangtua ini akan diberikan notifikasi apabila sang anak mulai mencari kata-kata, seperti ‘kehamilan’, ‘bunuh diri’, ‘bullying’ di browser mereka. 

Para orang tua juga bisa melindungi sang anak dari hal negatif, seperti memblokir akses untuk masuk ke website tertentu yang ‘berbahaya’. Untuk memastikan bahwa penggunaan aplikasi ini berjalan efektif, pemerintah Korea telah menetapkan bahwa smartphone tak akan bisa digunakan jika ada anak di bawah 19 tahun yang tidak meng-install aplikasi tersebut.



Image source: bbc.co.uk

Baca juga: Mulai Ramai Jadi Syarat Masuk Lokasi Tertentu, Mengapa Aplikasi PeduliLindungi Dikritik Menyusahkan Pemerintah?

Jika pemerintah beranggapan bahwa aplikasi ini akan sangat efektif untuk mencegah hal tak diinginkan terjadi pada remaja, protes dan kecaman justru langsung datang dari para remaja ini, di mana mereka merasa telah kehilangan kebebasan dan privasinya di dunia maya.

“Aku rasa metode pemerintah mengawasi isi pesan dan apa yang kami cari di website terlalu berlebihan,” ungkap seorang remaja. Bagaimana menurutmu tentang aplikasi ini, Dreamers? Apakah cukup efektif?

(ctr)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)