home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Lancarkan Pencernaan, Cari Tahu Manfaat Konsumsi Serat Lainnya

Selasa, 23 Juni 2015 18:17 by fzhchyn | 1346 hits
Tak Hanya Lancarkan Pencernaan, Cari Tahu Manfaat Konsumsi Serat Lainnya
davidsuzuki.org

DREAMERSRADIO.COM - Fiber atau serat yang terkandung dalam makanan khususnya buah dan sayur tak hanya bagus dalam melancarkan pencernaan. Tapi mengkonsumsi serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Mengkonsumsi lebih dari 10 gram serat setiap harinya bisa mengurangi risiko kematian prematur sampai 10%. Selain itu, berikut adalah manfaat serat jika dikonsumsi 25 gram setiap hari dilansir laman Prevention.

1. Otak

Menambahkan 7 gram serat dalam asupan serat yang dibutuhkan sehari-hari bisa mengurangi risiko stroke sampai 7%.

2. Jantung

Risiko sakit jantung bisa menurun sampai 9% dengan mengkonsumsi 7 gram serat setiap harinya. Kolesterol dalam serat inilah yang menuunkan kekuatan risiko tersebut.

3. Lingkar pinggang

Bagi orang yang sangat memperhatikan penampilan tubuhnya, disarankan untuk mengkonsumsi 30 gram atau lebih serat setiap harinya, karena ini bisa mengurangi berat badan.

4. Ginjal

Baca juga: Konsumsi Makanan Ini Saat Remaja Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara di Masa Tua

Mengkonsumsi serat sebanyak21 gram atau ebih perharinya juga bisa menurunkan risiko terserang penyakit batu ginjal sapai 22%.

5. Paru-paru

Serat yang terkandung dalam makanan dapat menemangkan peradangan sistemik dan dapat memangkas risiko penyakit peradangan di paru-paru seperti COPD.

6. Usus

Mengkonsumsi banyak serat dapat menyeimbangkan tingkat bakteri baik dalam usus sehingga membantu pencernaan tetap lancar.

7. Gula darah

Serat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam tubuh, mengendalikan lonjakan gula darah, dan mengurangi risiko diabetes.

Jangan malas makan buah dan sayur ya Dreamers ^^

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)