home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Trotoar Dipakai Berjualan, Kaum Tuna Netra Demo

Rabu, 24 Juni 2015 11:00 by ningcil | 1053 hits
Trotoar Dipakai Berjualan, Kaum Tuna Netra Demo
Image source: dreamersrad

DREAMERSRADIO.COM - Kaum disabilitas atau tuna netra di Kota Denpasar murka. Mereka unjuk rasa menuntut pemerintah mengembalikan fungsi trotoar yang mereka pakai untuk berjalan, kini disalahgunakan untuk tempat berjualan.

Puluhan kaum tuna netra itu turun kejalan melintasi seputar Jalan Sudirman hingga jalan Diponogoro Denpasar. Selain berorasi, mereka membentangkan poster menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah Kota Denpasar dan Gubernur Bali.

"Kembalikan fungsional trotoar, hanya itu tempat kami berjalan. Memang kami tidak bisa melihat, tapi kami punya kaki untuk berjalan. Saya mohon pemerintah yang bisa melihat, jangan tutup mata," pekik salah seorang demonstran, Rabu (24/6/2015).

Menurut Koordinator Aksi Para Tuna Netra, Gede Widiasa, aksi ini dilakukan karena sudah sekian lama hak mereka diabaikan. Trotoar untuk umum digunakan untuk orang berjualan. Sehingga mereka akhirnya terpaksa harus mengalah dengan berjalan menyusuri jalan aspal dan tidak sedikit mereka kerap diserempet kendaraan.

Baca juga: Siapa Sangka, Peselancar Profesional Ini Ternyata Tunanetra

"Tidak hanya itu, banyak trotoar yang rusak sehinga tidak jarang dari mereka kecebur got. Mereka juga berharap pemerintah bisa memberikan aturan tegas kepada siapa saja yang memanfaatkan fungsi trotoar untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Banyak orang berjualan di trotoar, tapi tidak pernah ada tindakannya," tandas Gede Widiasa.

Selain itu, tambah dia, beberapa tuntutan lainnya yaitu menyediakan fasilitas trotoar yang aksesibel bagi penyandang cacat khususnya tunanetra dan kembalikan fungsi trotoar sebagaimana mestinya.

"Kami juga minta pemerintah terkait segera perbaiki kondisi trotoar yang rusak dan menertibkan segala bentuk pelanggaran yang memanfaatkan lahan trotoar," tandasnya.[yha]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)