home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Kamis, 25 Juni 2015 10:57 by fzhchyn | 1468 hits
Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Menjalankan Ibadah Puasa
Image source: blog.netpha

DREAMERSRADIO.COM - Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa menjalankan ibadah puasa bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi sebenarnya apa yang terjadi dalam tubuh saat kita menjalankan puasa?

Melansir laman Bold Sky, puasa bermanfaat untuk semua organ dalam tubuh untuk bekerja lebih efektif dan berikut adalah beberapa diantaranya yang paling penting.

1. Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa merangsang produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh. hormon ini membantu tubuh untuk tetap fit dan memperlambat proses penuaan.

2. Menghancurkan lemak

Puasa membantu seseorang untuk tetap langsing karena kelebihan lemak dalam tubuh segera dipecah oleh hormon pertumbuhan manusia. Lemak dalam tubuh ini tidak dapat dibakar tanpa puasa karena tubuh akan memecah cadangan glukosa terlebih dahulu lalu baru lemak.

3. Menekan hormon rasa lapar

Sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa puasa dapat mengatur tingkat produksi hormon rasa lapar yang disebut ghrelin. Oleh karena ini, biasanya beberapa hari setelah berpuasa tubuh menjadi tidak mudah lapar. Dan hal ini bisa membantu untuk menjaga berat badan.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

4. Pencegahan kanker

Puasa dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel dan asam nukleat sehingga dapat mencegah risiko kanker. Hal ini juga dapat memperlambat proses penuaan dan meningkatkan energi dalam tubuh.

5. Detoksifikasi

Berpuasa dapat membantu menghilangkan akumulasi racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan banyak kerusakan pada organ-organ tubuh. radikal bebas yang terkumpul dalam tubuh juga bisa menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Dan menjalankan puasa bisa menghilangkan radikal bebas tersebut .

6. Meningkatkan kekuatan otak

Puasa dapat meningkatkan produksi protein yang disebut sebagai faktor neurotropik yang ditunkan oleh otak. Hal ini membantu dalam pembentukan sel-sel otak baru dan meningkatkan kesehatan otak dengan mempromosikan sekresi bahan kimia lainnya di otak.


(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)