home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Cara Ampuh Agar Tak Kalap Saat Menyantap Hidangan Berbuka

Jumat, 26 Juni 2015 17:10 by fzhchyn | 1809 hits
Simak Cara Ampuh Agar Tak Kalap Saat Menyantap Hidangan Berbuka
Image source: group4deal.

DREAMERSRADIO.COM - Seharian menahan lapar dan haus membuat sebagian orang kalap dan tidak bisa mengontrol diri dari mengkonsumsi makanan berlebihan. Mulai dari minuman manis yang menyegarkan, hidangan pembuka yang menggoda selera, sampai hidangan utamanya.

Berbuka puasa berlebihan tentu tidak baik karena perut yang kosong akan kaget dengan asupan makanan yang banyak. Jadi sebaiknya saat berbuka, dilakukan tahapan seperti yang dikutip dari laman vemale berikut.

1. Awali dengan segelas air putih

Sebelum menyantap menu apapun, awali buka puasa dengan meminum segelas air putih. Nikmati setiap tegukannya, tak perlu terburu-buru. Rasakan bagaimana air mengalir melewati tenggorokan hingga ke perut. Cara ini bisa membantu mengembalikan sistem metabolisme tubuh dengan baik.

2. Takjil dalam porsi kecil

Meski lapar, bukan berarti kita bisa langsung mengambil porsi besar makanan. Ambil porsi kecil terlebih dahulu. Setiap suapan yang masuk harus dikunyah benar-benar sebelum ditelan. Mungkin agak susah ya menahan godaan makan, tapi demi kesehatan, memang lebih baik untuk mengontrol diri.

Baca juga: 5 Makanan Korea Berbahan Kurma yang Wajib Dicoba

3. Beri jeda waktu sebelum menyantap hidangan utama

Beri jeda waktu beberapa menit sebelum menikmati hidangan utama. Misal, kita bisa menunaikan salat Maghrib terlebih dahulu sebelum makan hidangan utama. Setelah puasa seharian, perut butuh waktu untuk kembali bekerja mencerna makanan. So, berikan waktu selang beberapa menit usai menikmati hidangan takjil sebelum menyantap menu utama.

4. Makan dengan rapi

Gunakan piring, sendok, garpu ketika makan. Nikmati makanan dengan rapi dan nyaman. Secara psikologis, cara ini juga membuat seseorang lebih "rapi" dalam memasukkan makanan ke mulut. Saat mengunyah makanan, kunyah dengan cara perlahan-lahan. Saat menyendokkan makanan, ambil makanan yang cukup.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)