home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Fisik, Puasa Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Mental

Selasa, 30 Juni 2015 17:18 by fzhchyn | 1240 hits
Selain Fisik, Puasa Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan Mental
Image source: Getty Image

DREAMERSRADIO.COM - Puasa tidak hanya membuat tubuh “beristirahat” secara fisik tapi juga memiliki dampak pad kesehatan mental. Selama menjalankan ibadah puasa, para muslim dituntut untuk mengontrol emosi yang memicu kemarahan.

Melansir Bold Sky, sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa berpuasa bisa meningkatkan emosi dan kesehatan mental. Puasa memiliki efek mood-booster karena saat lapar, tubuh akan melepaskan beberapa bahan kimia untuk melindungi otak.

Tak cukup hanya dengan menahan rasa lapar dan haus saat puasa untuk mendapatkan keuntungan psikologis ini. Mengontrol diri dari semua emosi negatif adalah salah satu kunci penting agar mendapat manfaat kesehatan mental berikut.

1. Pikiran yang damai dan bahagia

Setelah satu minggu puasa, kita biasanya akan merasakan perubahan dalam pikiran seperti merasa tenang, damai, dan bahaia. Dan selama minggu pertama itu, tubuh akan beradaptasi dengan melepaskan hormon dan bahan kimia seperti adrenalin, dopamin, dan hormon steroid.

2. Mengatasi kecemasan dan depresi

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Otak dan Psikologis yang Perlu Kamu Tahu

Sebuah studi menunjukkan bahwa puasa dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan setelah beberapa hari menjalankan puasa. Saat puasa, endorfin akan lebih banyak dilepas di otak sehingga membuat bahagia.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian juga menunjukkan bahwa berpuasa bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. mereka yang berpuasa akan mendapat tidur yang lebih baik tanpa terbangun di sela-sela waktu tidur. Setelah seminggu biasanya manfaat ini akan terasa.

4. Meredakan rasa takut dan agresi

Puasa dapat menghilangkan rasa takut, kemarahan, dan agresi dengan mematikan bagian amygdale di otak. Bagian di otak ini berkaitan dengan emosi negatif yang menimbulkan rasa takut dan marah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)