home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terapkan Pola Makan Empat Kali Sehari Selama Ramadhan untuk Berat Badan Proporsional

Rabu, 01 Juli 2015 15:09 by fzhchyn | 6099 hits
Terapkan Pola Makan Empat Kali Sehari Selama Ramadhan untuk Berat Badan Proporsional
Image source: health.com

DREAMERSRADIO.COM - Perubahan bentuk tubuh merupakan salah satu hal yang menjadi sorotan setelah proses puasa di bulan Ramadhan rampung. Ada yang merasa lebih kurus, gemuk, atau bahkan menjadi proporsional.

Menurut praktisi gizi klinik dan olahraga, Rita Ramayulis, puasa adalah proses detoks alami. Dengan demikian, setelah puasa seharusnya berat badan seseorang menjadi proporsional.

Sistem pencernaan manusia, kata Rita, dapat membersihkan racun tubuh secara sempurna jika lambung beristirahat. Pada hari biasa, lambung tak berhenti mengolah makanan. Sebaliknya, saat puasa lambung beristirahat selama 16 jam.

"Akhirnya lambung bekerja mencoba buang sisa metabolik pencernaan selama sebelas bulan sebelumnya. Maka, kalau setelah puasa merasa lebih gemuk atau lemas, berarti ada yang salah dengan proses detoksnya," ujar Rita, dilansir CNN Indonesia.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Pola Makan yang Mempersulit Penurunan Berat Badan

Agar dapat melakukan proses detoks sempurna, faktor penting yang harus diperhatikan adalah pola makan. Menurut Rita, pola makan selama puasa seharusnya empat kali sehari dengan memenuhi kebutuhan kalori harian, yaitu sekitar 2.100 kkal.

Kalori tersebut juga harus terhimpun dari zat gizi seimbang. Rita pun menjabarkan bahwa dalam sehari harus ada empat porsi karbohidrat, 2-3 mangkuk berisi 3-5 potong buah, 2-4 potong lemak hewani, serta sesedikit mungkin gula dan garam.

Keseluruhan kalori tersebut harus dibagi menjadi empat kali makan. Rita pun menjabarkan empat waktu makan yang dianjurkan selama puasa.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)